Apa itu SEO (Search Engine Optimization)?

Juli 17, 2017

Mengenal SEO Lebih Jauh


Dalam dunia blogging, SEO merupakan hal yang wajib untuk diketahui. Istilahnya, percuma kita membuat blog bila tak mengerti SEO. Artikel ini akan membahas mengenai SEO, manfaat, serta kegunaannya.


Apa Itu SEO?

Semua termasuk anda pasti pernah melakukan pencarian di mesin pencarian di mesin pencari, entah itu Yahoo!, Bing, Google, atau mesin pencari lainnya. Ketika anda memasukan kata kunci dan melakukan pencarian, maka muncul daftar (list) website yang sesuai dengan kata kunci yang anda ketikan. Pernakah anda berpikir bagaimana website bisa muncul di halaman hasil pencarian? Atau mungkin anda juga bertanya-tanya, "kenapa ya blog yang saya buat, tidak muncul di halaman pertama hasil pencarian?" Pemikiran serta pertanyaan tersebut sudah menggambarkan sekilas tentang SEO.

SEO (Search Engine Optimization) adalah proses atau upaya yang dilakukan oleh pengguna website untuk meningkatkan visibilitas website mereka pada mesin pencari.

Semakin tinggi tingkat visibilitas website, maka website akan muncul di halaman hasil pencarian. Jadi, SEO juga bisa diartikan teknik yang digunakan agar website kita bisa ada di halaman pertama hasil pencarian. Yang harus anda ketahui, google tidak sembarangan  menampilkan website pada hasil pencarian. Google memiliki tujuan untuk memberikan layanan terbaik dengan menampilkan website yang paling relevan dan memiliki kualitas terbaik. Jadi jangan heran bila blog yang baru anda buat tidak muncul di hasil pencarian, Karena alasannya blog anda belum teroptimasi SEO sama sekali.


Website yang Teroptimasi SEO


Gambar di atas merupakan contoh SEO. Kata kunci yang diketikan adalah "cara bermain mobile legend" dan muncul daftar website yang berhubungan dengan kata kunci tersebut. Bila anda perhatikan, website yang berada di dalam kotak merah merupakan website yang menempati posisi teratas. Artinya website tersebut teroptimasi SEO dengan baik, sehingga bisa menempati urutan teratas hasil pencarian.Perlu diketahui juga, SEO merupakan hasil pencarian alami. Agar lebih di pahami, coba anda perhatikan gambar di bawah ini.



SEO dan SEM


Bila anda perhatikan gambar tersebut, tanpa penjelasan lebih jauh mungkin anda sudah paham maksudnya. SEO merupakan hasil pencarian alami (organik), yang maksudnya non iklan. Sedangkan dua website yang berada di dalam kotak merah dinamakan SEM. SEM atau Search Engine Marketing merupakan teknik optimasi yang memang dirancang untuk mengiklankan (mempopulerkan) bisnis atau produk. Karena bentuknya iklan (non SEO, non alami), jangan heran bila posisinya berada di atas SEO, sebab optimasinya tidak gratis alias bayar.



Apa yang Dilakukan Dalam SEO?

Karena pada dasarnya hanya website yang teroptimasi SEO dengan baik yang bisa menempati posisi teratas pada mesin pencari, lantas bagaimana cara untuk mengoptimasi SEO? Dalam melakukan teknik SEO, ada dua elemen yang harus anda ketahui, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page.

SEO On Page, merupakan teknik optimasi yang dilakukan dari dalam website atau blog itu sendiri. Karena berasal dari dalam website, maka teknik optimasi dilakukan oleh si pemilik website itu sendiri. Apa saja yang harus dilakukan? SEO On Page berati anda harus meningkatkan kualitas website anda menjadi SEO Friendly. Hal-hal yang harus dilakukan meliputi :

  • Membuat konten yang berkualitas
  • Melakukan riset keywords (kata kunci)
  • Memasang meta tag description
  • Mengoptimasi title tag pada homepage dan artikel
  • Menggunakan template SEO Friendly
  • Pengaturan heading (h1-h6)
  • Melakukan internal linking
  • dan lainnya.

SEO Off Page, merupakan teknik optimasi yang dilakukan diluar website. Pelaku kegiatan SEO Off Page adalah si pemilik website dan bisa dibantu orang lain. SEO Off Page memiliki peranan yang berbeda dengan SEO On Page, namun sama-sama penting dan saling melengkapi. Apabila SEO On Page berperan untuk membangun kualitas website, maka SEO Off Page lebih berperan untuk mempromosikan (mempopulerkan) website yang dibangun. Berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan :

  • Kegiatan link building (membangun backlink)
  • Menggunakan social media
  • dan lainnya.


Manfaat Mengoptimasi SEO

Membuat sebuah blog tanpa menerapkan teknik SEO adalah hal yang percuma. Blog yang tidak dioptimasi SEO sama saja nol kualitas dan nol popularitas. Ada banyak manfaat atau keuntungan bila melakukan optimasi SEO pada website atau blog, berikut diantaranya :

1. Meningkatkan Posisi Website Pada Mesin Pencari
Hal ini memang sudah pasti, Karena SEO sendiri tujuannya untuk meningkatkan visibilitas serta menempatkan website pada halaman pertama hasil pencarian. Di atas sudah dijelaskan bahwa google tidak sembarangan dalam menampilakn daftar website dalam hasil pencarian. Google hanya mengizinkan website berkualitas yang layak tampil di halaman pertama hasil pencarian. Bagaimana cara membangun kualitas tersebut? Tentunya dengan mengoptimasi SEO, baik On page maupun Off Page. Jadi, semakin baik anda mengoptimasi SEO pada website, maka website anda akan menempati posisi teratas.

2. Meningkatkan Traffic
Bila website teroptimasi SEO dengan baik, maka akan menempati urutan pertama hasil pencarian. Apabila ada di urutan pertama, sudah pasti website anda akan mendapatkan pengunjung dalam jumlah besar di setiap harinya. Anda pun pasti juga menyadarinya. Ketika anda melakukan pencarian di mesin pencari, besar kemungkinan anda hanyak akan mengunjungi website yang berada di urutan pertama sampai ketiga.

3. Meningkatkan Popularitas Website
Sudah pasti berada di urutan pertama akan meningkatkan popularitas website. Orang yang melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu dan selalu menemukan website anda di urutan pertama, tentu saja orang akan mengingat website anda. Tak menutup kemungkinan pengunjung akan menyebarkan website anda bila mereka menyukainya. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan ini untuk mempromosikan bisnis atau produk anda, tak ada salahnya bukan?

Intinya, SEO merupakan teknik yang digunakan agar suatu website dapat menempati urutan pertama pada hasil pencarian. Website yang teroptimasi SEO dengan baik, akan mendapatkan trafik yang banyak setiap saatnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

Previous
Next Post »

1 komentar

  1. Thanks dan maaf saya tinggalkan jejak sapa tau mau berkunjung an >https://my-fxart.blogspot.com/< -/\-

    BalasHapus