Cara Membuat Akun Webmaster Tools (Search Console)

November 28, 2017
Cara Membuat Akun Search Console

Ketika kita sedang berkecimpung di dunia SEO, seringkali terdengar istilah webmaster tool atau search console. Selain itu banyak pakar SEO yang mengatakan search console merupakan tool yang wajib dimiliki setiap blogger. Memangnya apa sih search console atau webmaster tool ini?

Apa sih Google Search Console (Webmaster Tools)?

Google Search Console disingkat GSC (dulunya bernama Google Webmaster Tool), merupakan sebuah fasilitas yang disediakan oleh google untuk memantau dan mempertahankan keberadaan website/blog anda pada search engine. Fasilitas ini sepenuhnya gratis. 

Dengan mendaftarkan website ke search console, anda dapat melihat kinerja website anda secara keseluruhan. Seperti mengetahui kata kunci apa yang menyebabkan website anda muncul di mesin pencari, banyaknya internal link dan link masuk ke website anda, banyaknya pengunjung yang telah dan yang sedang mengakses website anda, dan masih banyak lagi.

Selain itu search console memudahkan pengelolanya untuk mengetahui apakah terjadi kesalahan pada website mereka atau tidak. Seperti memberitahukan bila terdapat halaman yang tidak ditemukan (not found 404), halaman duplikat, halaman tidak terindex, serta mengecek apaka website anda mobile friendly. 

Bukan hanya itu saja, search console ini juga menyediakan tool terpenting bagi pemilik website. Yaitu tool untuk mengindex website mereka. Dengan memasukan url artikel pada tool yang disediakan, dalam waktu cepat artikel kita sudah ada dalam hasil pencarian google. Masih banyak lagi keuntungan bila menggunakan search console ini.

Pada kesempatan kali ini, artikel ini akan membahas bagaimana caranya untuk mendaftarkan website ke webmaster tool atau search console, serta melakukan verifikasi akun. Sebelum mendaftar, pastikan anda telah memiliki akun gmail dan sebuah website/blog tentunya. Oke tanpa basa-basi lagi, berikut penjelasannya.

Cara Daftar dan Verifikasi Website di Search Console

1. Buka halaman depan search console dan login dengan akun gmail anda. Anda juga bisa membukanya dari halaman blogger. Pada bagian dashboard klik setelan > preferensi penelusuran. Kemudian scroll kebawah dan klik edit pada Google Search Console.

Kemudian akan muncul halaman seperti dibawah ini:

Cara Membuat Akun Search Console

2. Pada kotak 1 pilih situs web, sebab kita sedang mendaftarkan website/blog kita. Pada kotak 2 masukan url website/blog yang anda miliki, setelah itu klik tambahkan properti.

3. Pada tahap ini website anda sudah terdaftar pada search console, namun belum terverifikasi. Untuk melakukan verifikasi, lihat halaman yang muncul setelah anda meng-klik tombol tambahkan properti. Disana ada dua pilihan, yaitu metode yang disarankan dan metode alternatif.

Cara Membuat Akun Search Console

Untuk metode yang disarankan menurut saya agak rumit, sebab anda harus mendownload file verifikasi html lalu menggunggahnya ke blog anda lewat cpanel. Namun bila anda ingin menggunakan metode ini, anda bisa klik disini.

Oleh sebab itu kita gunakan metode alternatif. Setelah anda meng-klik metode alternatif, akan muncul halaman yang terdiri dari tombol tag html, penyedia nama domain, google analytics, dan google pengelola tag. Pilih tombol tag html dan copy kode yang disediakan.

Cara Membuat Akun Search Console

4. Setelah dicopy jangan tutup halaman seacrh console, kunjungi dashboard blog anda > tema > edit html, lalu pastekan kode yang baru saja anda copy tepat dibawah <head>. Bila sudah klik simpan tema.

Cara Membuat Akun Search Console

5. Selanjutnya balik lagi ke halaman verifikasi metode alternatif, lalu klik verifikasi. Kemudian anda akan dibawa ke halaman yang menandakan anda berhasil memverifikasi kepemilikan situs anda. Di tahap ini anda sudah resmi memiliki akun google search console, selamat!

Apabila anda masih ragu bila website anda belum terdaftar dan belum terverifikasi, anda bisa mengeceknya. Yang harus anda lakukan buka akun search console yang sudah anda miliki sekarang, kemudian lihat dibagian kanan tepat pada logo gear kecil, kemudian klik dan pilih detail verifikasi. Nantinya muncul halaman baru dan lihat pada bagian upaya verifikasi, seperti gambar dibawah ini:

Cara Membuat Akun Search Console

Anda bisa lihat sendiri, hasilnya verifikasi berhasil dengan menggunakan metode meta tag.

Sekian artikel mengenai cara membuat akun search console ini, semoga bermanfaat dan membantu anda semua. Terima kasih.
Previous
Next Post »

3 komentar

  1. Halo,
    nama saya Siti Aminah dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah ditipu oleh 4 pemberi pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang karena hutang.

    Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman asli dan perusahaan yang sangat dapat diandalkan yaitu Bunda Alicia Radu yang mendapatkan pinjaman saya dari 800 juta rupiah Indonesia dalam waktu kurang dari 24 jam Tanpa tekanan dan tekanan suku bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut ketika memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan sehingga saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Bunda Alicia Radu

    Saya ingin Anda mempercayai Bunda Alicia Radu dengan sepenuh hati karena ia sangat membantu dalam hidup saya dan kehidupan finansial saya. Anda harus menganggap diri Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya: (sitiaminah6749@gmail.com) jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu, Anda sangat bebas untuk menghubungi saya dan saya akan dengan senang hati menjawab Anda karena Anda juga dapat membantu orang lain setelah Anda menerima pinjaman Anda.

    BalasHapus
  2. Nikmati kemudahan Bertransaksi di situs JaguarQQ
    Game Judi Online Dengan 1 User id Untuk 9 GAME
    ===========================
    - Deposit Via Pulsa Telkomsel dan XL ( RATE : 0.85 / Potongan : 15% )
    - Proses Deposit & Withdraw Hanya 2 Menit
    - Minimal DP & WD Cuma Rp. 15.000
    - Dapatkan BONUS 0.5% Setiap JUMAT
    - 100% NO ADMIN + 100% FAIR PLAY
    - JACKPOT HARIAN HINGGA PULUHAN JUTA RUPIAH
    ============================
    JaguarQQ Telah Support Lebih Banyak Bank Local :
    BCA || MANDIRI || BNI || BRI || DANAMON
    ===========================
    JAGUARQQ JUGA MENGGUNAKAKN SERVER POKER V YAITU
    SERVER YANG TERBAIK SAAT INI
    BURUAN DAFTAR DAN MAINKAN SEKARANG JUGA
    DAPATKAN BONUS SETIAP MINGGUNYA !!
    ============================
    AKSES KE LINK ALTERNATIF :
    -macanakar.com
    -macanakar.net
    -macanakar.org
    -macanakar.info

    ============================
    SILAKAN HUBUNGI KAMI DI :
    LIVECHAT : macanakar.com
    WA : +855964608606
    LINE : csjaguarqq

    BalasHapus