Pengertian Backlink Serta Manfaatnya

November 14, 2017

Apa Itu Backlink

Backlink memainkan peranan penting dalam SEO. Adalah hal yang wajib bagi pemula untuk mengetahui backlink, karena backlink sendiri merupakan pondasi untuk membangun website yang berkualitas. Kali ini, artikel ini akan mengupas tuntas mengenai backlink. Mulai dari pengertian, manfaat, bagaimana cara mendapatkannya, dan mengapa backlink penting untuk SEO.

Apa itu Backlink?

Untuk memahami backlink, kita harus mengerti dulu istilah link. Link merupakan sebuah acuan yang menghubungkan halaman satu dengan halaman lainnya. Kata 'acuan' pada dasarnya berupa kata atau kalimat. Dalam html, penulisan kode link adalah 

Kode tersebut nantinya akan menghasilkan tulisan "contoh" yang apa bila diklik akan mengarah ke halaman contoh. Jadi dapat di simpulkan, link adalah sebuah kata atau kalimat yang apabila diklik, akan mengarahkan kita ke halaman yang baru. Apabila link tersebut berasal dari luar website, maka itu dinamakan backlink. Sudah ngerti, belum yaa?

Backlink berasal dari dua kata, yaitu back (kembali) dan link (alamat situs). Bila digabungkan maka artinya "link kembali." Jadi, backlink adalah sebuah link yang berasal dari luar website (entah dari website siapa) yang apabila diklik, akan mengarah ke halaman website kita. Sederhananya, backlink adalah link yang masuk ke website kita. Dikalangan SEO, backlink sering disebut sebagai inbound link, inlink, link masuk, dan link balik. Tujuan backlink pada dasarnya adalah untuk mendapatkan tambahan pengunjung (visitor).

Setelah mengetahui pengertiannya, mungkin anda masih bertanya-tanya : 

"Kok bisa sih link-nya berasal dari luar website kita?"
"Memangnya siapa yang mencantumkan link website kita?
"Kok ada sih orang yang mau mencamtumkan link website kita di halaman websitenya sendiri, untungnya apa buat dia?" 

Mungkin seperti itu kiranya pertanyaan-pertanyaan yang muncul ketika masih pertama kali belajar mengenai backlink. Baiklah, yuk kita jawab satu-satu!

Pertanyaan pertama : "Kok bisa sih link-nya berasal dari luar website kita?" Jawabannya ya tentu bisa. Karena yang namanya backlink itu adalah "setiap link yang berasal dari luar website, dan link tersebut mengarah ke website kita." Intinya, backlink adalah link yang berasal dari luar website. Tidak bisa diganggu gugat.

Pertanyaan kedua : "Memangnya siapa yang mencantumkan link website kita?" Pelakunya ada dua, yaitu bisa anda sendiri, dan bisa orang lain.
  • Pelakunya bisa anda sendiri. Hal ini dinamakan link building, yaitu usaha anda untuk mendapatkan backlink. Karena pada dasarnya backlink bertujuan untuk mendapatkan banyak pengunjung, jadi anda sendiri yang berperan mencantumkan link di blog lain, dan bila link tersebut diklik akan mengarah ke blog anda. Penjelasan mengenai link building ini lengkapnya akan dibahas dibawah. 
  • Pelakunya bisa orang lain. Hal ini 'hanya' bisa terjadi apabila website atau blog anda memiliki kualitas yang baik. Maksudnya, setiap artikel anda sudah berada di urutan pertama hasil pencarian, blog anda mempunyai banyak pembaca dan penggemar, populer di kalangan blogger, memiliki reputasi yang baik dimata google, dsb. Sehingga, banyak blogger yang menganggap website anda bermanfaat dan menyebabkan mereka bersedia mencantumkan link website anda di halaman mereka sebagai rujukan. 

Pertanyaan ketiga : "Kok ada sih orang yang mau mencamtumkan link website kita di halaman websitenya sendiri, untungnya apa buat dia?" Jawabannya tentu ada, bahkan banyak. Untungnya apa buat dia? Karena bila seseorang mencantumkan link menuju website anda dalam sisi SEO akan meningkatkan tingkat relevansi dan kredibilitas situs orang tadi. Itulah keuntungannya. Jadi backlink ini seperti simbiosis mutualisme. Bila link website anda dicantumkan di halaman website seseorang, website anda bisa mendapat tambahan pengunjung. Di sisi lain si website milik seseorang tadi akan semakin meningkat tingkat relevansinya.

Jenis Backlink Menurut Atributnya

Berdasarkan atributnya, backlink dibagi menjadi dua, yakni backlink dofollow dan backlink nofollow. Keduanya masih berupa backlink, namun nilai dan kegunaannya berbeda.
  • Backlink Dofollow. Backlink dofollow merupakan link yang mengarahkan/menyuruh google untuk mengunjungi (merayapi) halaman yang di-link. Agar lebih mudah dipahami, saya jelaskan dengan contoh. Misalnya website Budi mencantumkan link website anda di halaman website Budi. Apabila backlink diterapkan secara dofollow, maka ketika googlebot merayapi website Budi, otomatis website anda juga dirayapi oleh google. Kegunaan backlink dofollow ini diantaranya untuk meningkatkan pagerank (PR) suatu website.
  • Backlink Nofollow. Backlink nofollow merupakan link yang melarang google untuk mengunjungi (merayapi) halaman yang di-link. Jadi apabila backlink diterapkan secara nofollow, maka ketika website si Budi sedang dirayapi, googlebot tidak akan merayapi website anda. Kegunaan backlink nofollow ini untuk mencegah link berkualitas buruk masuk ke website anda.
Penggunaan backlink dofollow dan nofollow dapat membantu agar posisi website bisa berada di urutan pertama hasil pencarian. Untuk memahami backlink dofollow dan nofollow lebih lanjut, anda bisa membaca pengertian link dofollow dan nofollow.

Jenis Backlink Menurut Tautannya

  • Link Satu Arah (Oneway linking). Link satu arahterjadi apabila website A meninggalkan link atau alamat website B pada halaman website B. Tujuannya untuk meningkatkan trafik bagi website A. Anda bisa melakukan link satu arah dengan membuat blog dummy (blog bayangan). Caranya tinggalkan link website utama anda pada halaman blog dummy. Selain blog dummy, anda bisa melakukan link satu arah dengan cara berpartisipasi pada forum diskusi, guest blogging, dan masih banyak lagi.
  • Link Dua Arah (Reciprocal). Link dua arah atau biasa disebut link exchange merupakan kegiatan pertukaran link. Website A meninggalkan alamatnya di halaman website B, begitu juga sebaliknya website B juga melakukan hal yang sama. Jadi kedua website sama – sama mendapatkan keuntungan.
  • Link Tiga Arah (Threeway links). Link tiga arah bila di ibaratkan akan membentuk sebuah segitiga sama sisi. Dimana website A melakukan backlink atau link dua arah pada website B, website B melakukan backlink pada website C, dan website C melakukan backlink pada website A. Backlink tiga arah ini jarang dilakukan, namun bila anda ingin melakukannya, anda bisa melakukannya dengan blog dummy.

Cara Membangun Backlink

Sebenarnya, backlink bisa dibangun dengan sendirinya. Artinya tak perlu melakukan apapun, anda bisa mendapatkan backlink dengan sendirinya. Namun seperti yang dijelaskan diatas, itu "hanya" bisa terjadi apabila website anda memiliki kualitas yang sangat baik, dianggap bermanfaat bagi blogger lain, sehingga blogger-blogger lain yang bersedia mencantumkan link website anda di halaman website mereka sebagai rujukan.

Hal itu tentu membutuhkan yang sangat lama sampai blog anda mendapat pengakuan dari blogger lain. Karena itulah anda sendiri yang harus membangun backlink. Dalam dunia SEO, membangun backlink dikenal dengan istilah "Link Building." Link building merupakan teknik optimasi yang dilakukan untuk mendapatkan backlink. Intinya bagaimana agar link website anda bisa diletakan (tercantum) di website orang lain. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun backlink, diantaranya seperti :

1. Broken Link Building
Broken link buliding merupakan kegiatan mengganti sebuah link rusak yang ada di blog lain, dan diganti menjadi link blog kita. Misalnya terdapat sebuah link di dalam blog A, dimana link tersebut tidak bisa dibuka (eror, not found 404). Anda bisa memanfaatkannya sebagai backlink dengan meminta admin blog A untuk mengganti link rusak tadi menjadi link blog anda. Selain mendapatkan backlink, metode ini juga ampuh untuk mendapatkan pengunjung.

2. Melalui Web Direktori
Mendapatkan backlink melalui web direktori sudah banyak dilakukan oleh kalangan blogger. Web direktori juga sering digunakan untuk kegiatan marketing. Caranya anda tinggal mensubmit artikel anda ke situs-situs artikel direktori. Banyak situs direktori Indonesia yang terkenal yang bisa anda gunakan, seperti direktoriweblog.com, cuitcuit.com, artikeloke.com, dan masih banyak lagi.

3. Menjadi Guest Blogging
Guest blogging merupakan kegiatan bertamu diblog orang lain, dimana anda (pelaku guest blogging), bisa menulis artikel dan menerbitkannya di blog orang lain, tentunya dengan izin dari pemilik blog. Di dalam tulisan yang anda terbitkan, anda bisa menyisipkan link yang mengarah ke website anda.

Masih banyak cara yang dapat anda lakukan untuk membangun backlink sendiri. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa mengunjungi cara membangun backlink berkualitas dan aman.

Ada beberapa hal yang anda harus perhatikan ketika anda sedang melakukan link building. Karena pada dasarnya mendapatkan backlink berati mendapatkan tambahan pengunjung, seringkali banyak blogger yang berpikiran "semakin banyak backlink semakin bagus". Apabila anda juga berpikiran demikian, maka saya katakan anda salah! Banyak bukan berati berlebihan. Dalam kegiatan link building, backlink yang didapat haruslah natural, secara wajar dan tidak berlebihan. Bahkan hanya dengan mendapatkan 1 backlink saja, website kita sudah bisa memasuki halaman pertama hasil pencarian, apabila backlink tersebut berkualitas. Suatu backlink dapat dikatakan berkualitas jika :
  • Berasal dari website yang berkualitas. Backlink itu diibaratkan seperti sebuah poin. Apabila anda mendapatkan backlink dari website yang berkualitas (sudah berada di halaman pertama hasil pencarian, jumlah visitornya banyak, reputasinya baik), maka google akan memberikan poin tambah untuk website anda, sehingga peringkat website anda meningkat di mesin pencari. Semakin baik kualitas website yang memberikan backlink, maka peringkat juga semakin naik.  Bagaimana cara bisa mendapatkan backlink berkualitas? Tentu saja website anda harus berkualitas juga, jangan berat sebelah (website anda masih belum, namun yang memberikan backlink berkualitas). Sebab bila demikian tidak akan ada yang ingin memberikan backlink ke website anda. Intinya, jangan berharap medapatkan mendapat backlink berkualitas bila website kita masih belum berkualitas.
  • Backlink yang relevan. Backlink berkualitas harus relevan, begitu juga sebaliknya. Karena kalau tidak hasil yang didapat tidak maksimal. Bagaimana backlink yang relevan itu? Tentu saja backlink yang berasal atau menuju ke website yang memiliki topik yang sama. Apabila website anda bertemakan olahraga, carilah website lain yang bertemakan olahraga untuk melakukan link building, begitu juga seterusnya.

Manfaat Backlink

Apa sih manfaat backlink? Dari seluruh penjelasan diatas, sebenarnya manfaat backlink sudah dijelaskan. Backlink merupakan salah satu elemen SEO terpenting. Berikut adalah tiga manfaat utama backlink:

1. Meningkatkan Pengunjung
Mendapatkan backlink artinnya juga mendapatkan pengunjung. Semakin banyak backlink maka semakin banyak pula pengunjung yang didapat. Selain itu bila backlink berasal dari website berkualitas, tidak menutup kemungkinan pengunjung yang didapat bisa sangat banyak.

2. Meningkatkan Ranking Website
Dalam teknik SEO, backlik tidak hanya digunakan untuk meningkatkan trafik, tetapi juga meningkatkan posisi website pada hasil pencarian. Meski begitu, google juga memperbaiki kualitas backlink. Meskipun anda mendapatkan banyak backlink tapi tak satu pun berkualitas, google akan memberikan penalti sehingga trafik website akan merosot drastis. Maka dari itu, carilah backlink yang benar-benar berkualitas.

3. Mempopulerkan Website
Selain meningkatkan pengunjung, backlink juga bermanfaat untuk mempopulerkan website. Mengapa demikian? Karena backlink itu juga berati anda mempromosikan website anda. Apabila website anda bagus, besar kemungkinan blogger lain juga mempromosikan website anda. Selain itu bisa saja blogger lain bersedia memberikan backlink.


Apakah Backlink Penting Untuk SEO?

Pokoknya bila ada yang masih mempertanyakan hal ini, maka jawabannya cuma satu, PENTING! Backlink merupakan faktor dari Off Page SEO, dan menjadi salah satu elemen SEO terpenting. Semua teknik yang diterapkan dalam SEO, pada dasarnya adalah untuk membangun visibilitas dan meningkatkan kualiatas website di mata mesin pencari. Backlink ini menjalankan peran utamanya untuk meningkatkan visibilitas dan mempopulerkan website.

Demikian artikel mengenai penjelasan backlink ini, semoga artikel ini menambah pemahaman anda tentang dunia SEO. Terima kasih.

Previous
Next Post »

8 komentar

  1. Beberapa Situs ini anda bisa memang banner iklan. Bicara soal promosi web, anda mungkin sering mendengar atau melihat banner iklan.

    Apa sih banner iklan itu? Banner iklan merupakan sebuah iklan yang berbentuk banner dan memiliki ukuran tertentu. Bentuk banner iklan pada website biasanya jpg atau gif.

    Banner iklan biasanya digunakan oleh pebisnis online untuk media promosi website mereka. Banner iklan sendiri memiliki keuntungan dan kerugian. Mari kita bahas keunggulan dan kekurangan banner iklan.

    #keunggulan banner iklan
    - banner iklan bisa digunakan dengan mudah untuk menjaring pasar atau target anda.

    - banner iklan memiliki 2 fungsi yaitu fungsi promosi dan fungsi backlink.

    - untuk penempatan banner iklan sendiri bisa disetting sehingga pengunjung bisa dengan mudah melihat banner anda

    #kekurangan banner iklan
    - jika gambar banner terlalu menyilaukan mata ada kemungkinan tidak membuat pengunjung senang, sehingga web bisa ditinggalkan pengunjung.

    - banner iklan biasanya memiliki gambar fulgar namun saat di klik ternyata tidak sesuai, saran untuk itu jujurlah dengan gambar yang anda miliki. Jika itu banner judi bola maka gambar pun harus menyesuaikan, namun yang sering terjadi biasanya jika ada penjual obat kuat memasang banner maka banner tersebut memiliki gambar yang fulgar sehingga banyak di klik namun tidak ada penjualan.

    - kekurangan bagi pemilik web yang dipasangi banner, ada kemungkinan pengunjung meninggalkan web anda karena Ter lalu banyak iklan banner, namun semua itu kembali kepada webmaster nya, bagaimana dia mengelola web nya dengan tampilan yang banyak banner.

    Harga pemasangan banner sendiri sangat bervariatif, tergantung ukuran banner itu sendiri. Namun biasanya harga banner seperti berikut :
    #Ukuran 500x60 (Rp 350.000-500.000) untuk 1 bulannya.

    #Ukuran 1000x60 (Rp 600.000-1juta) untuk 1 bulannya.

    #Ukuran 250x250 (Rp 250.000- 350.000) untuk 1 bulannya.

    Jika anda berminat untuk memasang banner iklan untuk website anda ada beberapa list web yang bisa anda jadikan tempat promosi, antara lain :

    1. dMovieone.com
    Situs ini merupakan situs streaming movie dan download movie. Pada situs ini anda dapat memasang banner anda di beberapa tempat. Situs dMovieone memiliki tampilan website yang menarik dan enak dipandang, sehingga iklan banner yang ditempatkan di sana dapat di lihat oleh pengunjung.

    2. Haidancok.com
    Situs ini merupakan situs yang membahas tentang bisnis online, software, trik blogger dll. Tampilan website haidancok.com juga responsif sehingga tampilan banner situs anda juga bisa disesuaikan. Ada yang unik di web haidancok, yaitu setiap pemasangan banner akan mendapatkan backlink. Www... Bisa nangkring page one juga nih.. ��.

    3. Beritain.info
    �� Yes... Disitulah ini juga anda bisa memasang banner iklan anda dengan biaya yang murah, buktikan sendiri ya...

    Mungkin itu 3 situs yang bisa anda pasangkan banner, silahkan hubungi masing-masing admin nya ya ������ sekian.

    BalasHapus
  2. terima kasih penjelasannya, sangat membantu dan bermanfaat, sukses selalu.

    BalasHapus
  3. Nice info kunjungi juga www.webillian.com

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ♥♠ CASINO ONLINE TERPERCAYA ♥♠
      Selamat datang di CintaCasino, kami menyediakan berbagai permainan seperti:
      Baccarat
      Sicbo (Dadu)
      Roulette
      Dragon Tiger
      Slot Game
      Sportsbook
      Sabung Ayam
      -------------------------------------------------------------------------
      Ω Promo CintaCasino Ω
      ♠ Bonus New Member 20%
      ♥ Bonus Deposit 10% Setiap Hari
      ♣ Bonus Cashback 5% Dan Rollingan 0.8% Mingguan
      ♦ Full Comission
      -------------------------------------------------------------------------
      Kontak Kami :
      ♠ BBM : CintaCasino
      ♥ WCHAT : CintaCasino_
      ♣ WA : +85570874100
      ♦ Livechat Online 24jam

      Hapus
  6. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    - Adu Q
    - Bandar Q
    - Bandar Sakong
    - Bandar Poker
    - Poker
    - Domino 99
    - Capsa Susun
    - BANDAR66 / ADU BALAK
    - Perang Baccarat ( GAME TERBARU )

    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 20.000
    * Minimal Withdraw : 20.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support lebih banyak bank LOKAL Yaitu : Bca, Bri, Bni, Mandiri, Danamon, Cimb niaga , Permata Bank dan Ocbc Nisp


    Contact Us

    Website http://rajakartu99.com
    WA 1 : +85515769793
    WA 2 : +855972076840
    LINE : SAHABATQQ
    FACEBOOK : https://www.facebook.com/sahabatqq.reborn
    TWITTER : https://twitter.com/SahabatQQ
    YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com
    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop

    #sahabatQQ #winsahabatQQ #winsahabat #rajakartu99 #windaftar

    BalasHapus