Cara Mengetahui Serta Menerapkan Link Dofollow dan Link Nofollow

November 08, 2017

Menerapkan Dofollow dan Nofollow

Di Artikel mengenai pengertian link dofollow dan nofollow, dijelaskan bahwa link dofollow merupakan link yang mengarahkan robot mesin pencari untuk mengidex halaman yang dilink. Sedangkan link nofollow merupakan link yang tidak mengizinkan robot mesin pencari untuk mengindex halaman yang dilink. Kali ini, artikel ini akan membahas bagaimana cara untuk mengetahui link dofollow dan nofollow, serta bagaimana dan kapan untuk menerapkannya.

Cara Mengetahui Link Dofollow dan Nofollow

Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui link dofollow dan nofollow. Ketiga cara ini terdiri dari Inspect Element, Mozilla Plugin NoDofollow, dan Nofollow Simple

Inspect Element

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah menggunakan inspect element. Caranya cukup mudah namun tidak dianjurkan. Sebab cukup melelahkan dan buang-buang waktu. Caranya arahkan kursor pada link yang ingin dicek, lalu klik kanan dan klik "inspect". Kemudian akan muncul kotak disebelah kanan dan anda bisa mengetahui apakah link tadi dofollow atau nofollow, seperti gambar dibawah:

Cara Megetahui Link Nofollow dengan Inspect

Cara Megetahui Link Nofollow dengan Inspect

Pada kasus diatas, link tersebut merupakan nofollow, sebab terdapat atribut rel="nofollow". Apabila link tidak memiliki atribut nofollow, maka link tersebut merupakan link dofollow.


Mozilla Plugin NoDofollow

Menggunakan Mozilla Plugin NoDofollow merupakan cara yang sangat efektif dan sangat disarankan. Sebab bila menggunakan cara ini, anda akan langsung mengetahui mana link dofollow, dan mana yang link nofollow. Namun cara ini hanya bisa dilakukan menggunakan Mozilla Firefox. Caranya buka mozilla firefox anda dan instal plugin nodofollow. Cara instalnya mudah, anda hanya tinggal klik "add to firefox" dan ikuti lagkah selanjutnya. Bila sudah terinstal, buka halaman website yang ingin anda periksa linknya. Setelah itu klik kanan, dan pilih NoDofollow.

Cara Megetahui Link Nofollow dengan NoDofollow


Setelah diklik, anda bisa langsung menemukan perbedaan setiap link. Apabila terdapat link atau tulisan yang diblok menggunakan warna merah, itu merupakan link nofollow. Namun bila diblok menggunakan warna biru, itu merupakan link dofollow.


Nofollow Simple

Nofollow Simple hampir sama dengan Mozilla Plugin NoDofollow, namun fitur ini hanya memberikan tanda untuk setiap link nofollow saja. Nofollow Simple ini tersedia untuk chrome, dan mozilla. Caranya anda harus menginstal terlebih dahulu nofollow simple. Cara menginstalnya mudah, anda pun juga pasti bisa. Bila sudah terinstal, nantinya setiap link nofollow akan diberikan garis putus-putus berwarna merah, seperti gambar dibawah:

Cara Megetahui Link Nofollow dengan Nofollow Simple


Cara Menerapkan Link Dofollow dan Nofollow

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, link dofollow sudaah disetting default. Artinya bila anda membuat link, maka itu sudah dofollow. Untuk membuat link nofollow, ada dua cara yang dapat anda gunakan.

Menggunakan Fitur Edit Link

Fitur yang tersedia di blogspot ini sangat sederhana dan sangat mudah untuk digunakan. Namun entah banyak yang sadar atau tidak. Caranya sama seperti ketika anda membuat hyperlink pada postingan anda. Pertama buka postingan anda terlebih dahulu, lalu blok kata yang ingin dibuat link. Kemudian arahkan kursor ke menu navigasi di bagian atas postingan, dan klik link. Setelah itu muncul sebuah tab baru dan perhatikan bagian bawahnya. Anda akan melihat Add 'rel=nofollow' attribute, Bila anda ingin mengubahnya menjadi nofollow, maka tinggal di centang saja.

Menerapkan Link Nofollow dengan Edit Link

Menerapkan Link Nofollow dengan Edit Link


Menggunakan Html

Menggunakan html merupakan cara yang membutuhkan waktu. Untuk blogspot dan wordpress caranya sama. Anda hanya perlu membuka html postingan, kemudian tinggal menambahkan link dengan atribut rel="nofollow"

Menerapkan Link Nofollow dengan Html

Sebelum : <a href="https://sebodblog.blogspot.co.id/">Sebodblog</a>
Sesudah : <a href="https://sebodblog.blogspot.co.id/" rel="nofollow">Sebodblog</a>

Kapan Saat yang Tepat Menggunakan Link Dofollow dan Nofollow

Saya pernah mengatakan bahwa penggunaan dofollow dan nofollow sangat berpengaruh untuk SEO. Meski begitu, keduanya tidak boleh digunakan sembarangan. Ada saat yang tepat dimana anda harus menggunakannya. Berikut penjelasannya


Kapan menggunakan link dofollow?

Karena pada dasarnya link atau backlink sudah merupakan dofollow, maka penggunaan dofollow sama seperti penggunaan link atau backlink pada umumnya. Bila anda ingin memberikan backlink yang mengarah ke suatu website, pastikan website yang dituju memiliki kualitas yang baik. Tentunya agar website anda memiliki reputasi yang baik di mata mesin pencari. Jangan sekali-kali meninggalkan link aktif di website seseorang yang mengarah ke website kita. Sebab sangat terkesan hanya mencari backlink saja, dan sangat tidak natural.


Kapan menggunakan link nofollow?

Dalam beberapa kasus, link nofollow memberikan dampak yang positiv untuk menjaga reputasi website di mesin pencari. Gunakanlah link nofollow pada link iklan, link afiliasi, link yang menuju ke situs yang tidak terpercaya (memiliki reputasi buruk, tidak berkualitas). Selain itu gunakan atribut nofollow bila melakukan internal linking menuju halaman yang tidak perlu, seperti about, kontak, privacy policy, dan sebagainya.

Sekian artikel kali ini, bila anda memiliki cara lain untuk mengetahui dan menerapkan link dofollow serta nofollow, maka bisa ditulis di komentar. Semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.
Previous
Next Post »

7 komentar