10 Cara Membuat Blog Terlihat Profesional

April 05, 2015

Cara Membuat Blog Terlihat Profesional

Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk membuat blog atau website anda terlihat profesional. Blog yang terlihat profesional tentu akan menunjukan kualitas bagi pembacanya dan memberikan sinyal pada google bahwa blog tersebut pantas berada di urutan pertama hasil pencarian. Langsung saja, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat blog terlihat profesional.

1. Buat Tema yang Kuat

Tema adalah sesuatu yang menjadi bahasan pada suatu blog. Tema tentu tidak boleh dibuat atas dasar  "iseng-iseng" atau karena "ingin seperti blog tersebut." Tema yang kuat harus berasal dari anda sendiri, yaitu apa yang anda sukai dan apa yang anda kuasai. Suatu blog dikatakan memiliki tema yang kuat apabila tema yang dibahas mampu mewakili diri anda dan membuat pembaca lebih mudah mengenal anda lewat tulisan anda. Sebagai contoh anda membuat blog yang bertemakan seni, maka anda harus bisa menunjukan pada pembaca bahwa anda memiliki pengetahuan yang kuat akan seni, bisa menjelaskan secara mendalam mengenai seni dengan penjelasan yang mudah dipahami. Sehingga bisa membuat pembaca memiliki ketertarikan akan seni. Jadi langkah pertama untuk membuat blog terlihat profesional adalah membuat tema yang kuat, yaitu tema yang anda sukai dan anda kuasai.


2. Perhatikan Kualitas Konten

Kualitas konten adalah kunci utama suatu blog agar terlihat profesional. Ketika anda menulis artikel, hindari kegiatan copas artikel orang lain. Buatlah artikel original atau asli buatan anda sendiri. Karena itu pada poin pertama saya haruskan anda membuat tema yang kuat, yaitu tema blog yang anda sukai dan anda kuasai. Sehingga tidak mengalami kesulitan ketika hendak menulis artikel. Lalu buatlah artikel yang panjang, minimal harus lebih dari 350 kata. Karena artikel panjang menunjukan pada pembaca bahwa anda memang ingin memberikan informasi yang berguna untuk pembaca. Namun saya ingatkan panjang bukan berati sekedar basa-basi, artikel yang panjang harus memuat informasi yang dibutuhkan pembaca. Jangan lupa untuk sisipkan gambar, agar pembaca tidak hanya melihat tulisan yang panjang, tetapi juga melihat ilustrasi dengan gambar tersebut.

3. Gunakan Template SEO Friendly

Menggunakan template SEO Friendly sangat memperlihatkan tampilan blog yang profesional. Jika anda bandingkan dengan template yang sudah tersedia pada blog, tampilannya terlihat sangat sederhana. Ketika menggunakan template SEO, pembaca akan menilai bahwa anda adalah seorang blogger yang serius dalam membangun sebuah blog, karena memperhatikan penampilan sebuah blog. Selain itu, penggunaan template SEO dapat meningkatkan kenyamanan pembaca anda. Jadi sanagt disarankan untuk menggunakan template SEO bila anda ingin memiliki tampilan blog yang profesional. Untuk mendapatkannya secara gratis, anda bisa mendownload tempalte SEO di google.


4. Buang Widget yang Tidak Penting

Seringkali saya temui banyak blogger yang memasang banyak widget pada blog mereka agar terlihat bagus dan menarik. Bila anda juga beranggapan demikian, segera hapus widget yang tidak perlu karena akan berdampak sebaliknya. Memasang widget memang berguna untuk menghias blog, akan tetapi gunakanlah widget seperlunya. Gunakan widget yang penting saja seperti recent post, popular post, arsip, label, dan sejenisnya. Memasang banyak widget akan terkesan berantakan dan tidak rapih, serta mengganggu kenyamanan pembaca.


5. Pasang Iklan

Coba anda ketikan kata kunci apa saja pada google dan coba buka website yang muncul. Bila anda perhatikan, sebagian besar website yang anda buka pasti memiliki iklan yang terpasang dihalaman websitenya. Dengan memasang iklan, tentu akan menunjukan kualitas pada blog anda dan membantu mempertahankan website pada urutan pertama hasil pencarian. Walaupun begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memasang iklan. Jangan pernah memasang iklan yang berlebihan, apalagi menggunakan iklan pop up, karena akan mengganggu kenyamanan pembaca. Selain itu perhatikan juga  posisi penempatan iklan. Posisi yang baik untuk meletakan iklan yaitu pada bagian sidebar, dan pastikan iklan anda tidak berbau pornografi. Jadi segera pasangkan iklan pada website anda, tetapi tetap memperhatikan kenyamanan pembaca.


6. Selalu Membalas Komentar

Jangan sia-siakan pembaca anda. Bila ada pembaca yang berkomentar pada blog anda, jangan pelit untuk membalas komentar tersebut. Membalas komentar pembaca akan membuat kesan akrab antara penulis dangan pembacanya. Ketika hendak membalas komentar, balaskan dengan kata-kata yang sopan dan ramah, berikan jawaban yang masuk akal dengan solusi yang tepat. Jika anda tidak pernah membalas komentar, maka pembaca akan menilai bahwa anda bukanlah blogger yang ramah. Sebaliknya bila anda selalu membalas setiap komentar, maka pembaca semakin senang untuk berkunjung dan berkomentar pada blog anda. Pembaca pun juga akan menilai anda sebagai blogger profesional karena mampu memberikan jawaban yang tepat.

7. Buatlah Logo Blog Anda

Mempunyai logo pada blog akan menunjukan keunikan dan membuat blog terlihat profesional. Membuat logo tentunya akan memberikan ciri khas blog itu sendiri dan akan membuat pembaca lebih mudah untuk mengenal dan mengingat blog anda. Bukan hanya untuk blog, dalam dunia bisnis perusahaan-perusahaan besar maupun kecil juga menggunakan logo yang unik untuk membuat identitas mereka. Agar mudah dingingat, buatlah logo yang sederhana, namun elegan. Anda bisa mencoba membuat logo dengan bantuan photoshop.

8. Gunakan Social Media

Menggunakan media sosial (facebook, twitter, google plus) akan memberikan banyak manfaat. Diantaranya meningkatkan popularitas blog atau website anda, dan meningkatkan trafik secara signifikan. Selain itu dengan menggunakan media sosial, akan menunjukan blog anda telah memiliki banyak pembaca langganan. Menurut saya bila anda ingin membuat blog terlihat profesional, jangan ragu untuk menggunakan media sosial, karena hal ini juga berguna untuk membangun hubungan antara penulis dengan pembaca agar lebih akrab, pembaca pun juga bisa mengenal anda lebih jauh lagi. Tips untuk menerapkannya, gunakanlah media sosial yang paling berpengaruh, maksudnya media sosial dimana anda memiliki pertemana yang banyak atau luas. Misalnya anda lebih banyak berteman difacebook, maka gunakanlah facebook. Atau anda lebih banyak berteman di twitter, maka gunakanlah twitter. Bila perlu, cobalah gunakan media sosial yang anda punya untuk memaksimalkan peningkatan trafik.

9. Tambahkan Halaman Pendukung

Menambahkan halaman pendukung pada blog sangat penting. Hampir setiap blog yang menempati halaman pertama hasil pencarian mempunyai halaman pendukung. Selain agar terlihat profesional, halaman pendukung penting agar blog dapat lebih mudah terindex oleh google, dan membantu mendapatkan approve adsense. Ada beberapa halaman pendukung, namun yang paling penting untuk digunakan adalah privacy policy, about, kontak, dan tos. Privacy Policy digunakan untuk menjamin kenyamanan pembaca mendapatkan informasi suatu blog, About menjelaskan informasi seputar blog, kontak berguna untuk mempermudah pembaca menghubungi anda, dan tos (terms of service) merupakan aturan yang aturan-aturan dalam website yang harus disetujui oleh pembaca dan pembuat, agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan.

10. Meng-Custom Domain

Tahap terakhir menurut saya dan mungkin kebanyakan blogger juga berpendapat sama, meng-custom domain menunjukan bahwa blog sudah bisa disebut sebagai blog profesional. Bagaimana tidak? Coba anda bandingkan dengan blog yang masih memiliki embel-embel seperti blogspot.com atau wordpress.com, tentu blog dengan domain .com, .net, .id, dan sebagainya, memiliki kualitas tinggi. Selain itu blog yang sudah meng-custom domain akan meyakinkan pembaca bahwa blog tersebut sudah bisa menghasilkan uang. karena asal anda tahu, mengganti domain itu tidak gratis, anda haru membayar sejumlah uang tergantung domain yang anda mau. Sebenarnya tak perlu menunggu sampai bisa menghasilkan uang dari blog bila ingin mengganti domain, kalau anda sudah punya cukup uang, anda bisa langsung menggantinya sendiri. Namun terlepas dari semuanya, meng-custom domain akan meningkatkan kualitas blog dan menunjukan sebuah "blog profesional."

Masih banyak cara yang bisa anda cari di artikel lain untuk membuat blog terlihat profesional. Namun saya ingatkan pada anda, apapun caranya jangan pernah lupakan prioritas utama seorang blogger. Yaitu memberikan informasi yang berguna serta memperhatikan kenyamanan pembaca.

Previous
Next Post »
0 Komentar