3 Tips Menjadi Seorang Blogger Profesional

April 05, 2015
Tips Menjadi Blogger Profesional

Bagaimana sih menjadi seorang blogger profesional itu? Blogger profesional bukan hanya dilihat dari seberapa bagus blog tersebut, seberapa besar penghasilan yang didapat. Tapi blogger profesional dilihat dari kualitas artikelnya. Bagaimana tulisan dalam sebuah artikel blog bisa mempengaruhi para pembacanya, bisa menginspirasi dan menjadi motivasi. Yang harus anda pahami terlebih dahulu, menjadi seorang blogger profesional merupakan hal yang sulit, membutuhkan kerja keras dan perjuangan. Saya sendiri bukanlah seorang blogger profesional, tetapi juga bukan pemula. Hanya seorang blogger biasa yang masih terus belajar.

Namun setelah saya amati dari beberapa blogger yang menjadi panutan saya, saya menyimpulkan ada tiga hal yang menjadi alasan mengapa mereka bisa dikatakan sebagai "blogger profesional" bagi para pesaing serta pembacanya. Berikut adalah ulasannya :

Kenali Diri Anda, Apa yang Anda Sukai!

Kenali Diri Anda

Ketika berbicara mengenai bagaimana menjadi seorang blogger profesional, tentu dia adalah seseorang yang harus bisa menulis artikel disetiap waktu, dimanapun dan kapanpun. Seorang blogger profesional tentu tidak boleh kehabisan ide, ia harus menjadikan dirinya sebagai panutan bagi pembacanya dengan membawakan artikel yang berkualitas dan bermanfaat bagi para pembacanya. Sekarang bagaimana dengan kita sendiri, apakah kita mampu melakukan hal tersebut? Untuk itulah sebelum mulai membuat blog, anda harus mengenal diri anda lebih dari biasanya. Apa yang anda sukai, hal apa yang mempunyai minat tertinggi pada diri anda. 

Bila ingin menjadi blogger profesional, anda harus mulai dari apa yang anda sukai. Mengapa blogger profesional lain bisa membuat artikel setiap saat dan selalu menyajikan artikel yang segar untuk dibaca, karena dia sangat mengenal dirinya sendiri, dia tahu betul apa yang ia sukai. Sehingga ia mampu membuat artikel yang bermanfaat dan memberikan inspirasi bagi pembacanya. Selain itu dengan mengetahui apa yang anda sukai, tentu anda tidak akan kehabisan ide karena ide-ide itu akan muncul dengan sendirinya. Atau lebih tepatnya, muncul karena pengalaman anda. 
 
Jadi, jangan pernah membohongi diri anda sendiri. Buatlah blog yang memang menunjukan diri anda. Bila anda menyukai seni, maka buatlah blog yang bertemakan seni, dan begitu juga seterusnya. Memulai segala sesuatu dengan apa yang anda sukai, pasti akan jauh lebih mudah dan menyenangkan.

Anda Tahu Bagaimana Harus Memulai

Tahu Bagaimana Harus Memulai

Ketika anda tahu harus bagaimana memulai atau dari mana anda harus memulai, maka anda juga sudah mengetahui apa yang akan dilakukan dan resiko apa yang akan dihadapi. Menjadi blogger profesional bukanlah hal yang mudah, butuh pengetahuan yang luas serta kerja keras. Anda harus  rela membuang waktu anda untuk duduk berjam-jam hanya untuk menulis artikel setiap harinya. Belum lagi anda harus melakukan rutinitas anda setiap harinya sehingga memiliki keterbatasan waktu untuk menulis blog. Selain itu ketika sudah selesai dari rutinitas yang biasa dilakukan, bisa saja anda sudah kehilangan mood untuk menulis artikel. Bisa saja bukan? Bukan hal yang tidak mungkin, tetapi hal tersebut sering dan bisa terjadi kapan saja, saya pun sering mengalaminya.

Tahu bagaimana harus mulai berati anda tahu strategi yang tepat untuk anda. Bagaimana anda bisa mengolah waktu dengan baik ketika dibenturkan dengan rutinitas anda, atau apakah anda cocok menjadi full time blogger? Pada poin pertama saya mengatakan mulailah dengan apa yang anda sukai, tapi pertanyaannya, "apakah pembaca bisa dengan mudah menyukai sesuatu yang sesuai dengan isi kepala anda?" atau "hal yang baru bagi mereka?" Karena itulah penting untuk memiliki strategi, dari mana anda harus memulai, dan apa yang harus anda lakukan. Sangat penting untuk membuat pembaca menyukai sesuatu hal yang baru dengan cara membawakan tulisan yang menarik dan segar untuk dibaca, serta memiliki manfaat bagi pembacanya.

Sekarang, bagaimana caranya mengetahui apa yang harus dilakukan? Saya sarankan untuk menganalisis persaingan. Tema apapun yang anda pilih, walaupun hobi anda sekalipun, pasti ada pesaingnya. Dengan menganalisa persaingan, anda akan mengetahui hambatan, kesempatan, dan permasalahan yang akan dihadapi, serta kelebihan dan kekurangan pesaing anda. Menganalisa persaingan juga akan membuat anda mengetahui apa yang harus anda lakukan.

Anda Mempunyai Goal yang Pasti

Anda Punya Goal yang Pasti

Setiap orang mempunyai tujuan yang berbeda dalam segala hal, sama halnya dengan blogging. Kalau saya pribadi mempunyai satu tujuan, yaitu uang (blogging for money). Menurut saya, untuk apa saya bekerja keras menulis blog setiap harinya kalau bukan karena uang? Memang tujuan setiap orang itu berbeda, namun mempunyai tujuan yang jelas merupakan kunci seorang blogger profesional. Kebanyakan orang terjun ke dunia blogging karena alasan yang sama, yaitu blog bisa menghasilkan uang dari ribuan hingga ratusan juta rupiah. Bahkan banyak yang beralih profesi menjadi full time blogger. Tetapi kenyataannya banyak yang gugur dalam satu bulan pertamanya. Banyak yang menginginkan visitor dalam waktu dekat tanpa memperhatikan kualitas blog mereka, dan banyak yang tidak memiliki strategi matang dalam kegiatan blogging mereka.

Tujuan yang jelas akan menentukan keberhasilan seorang blogger. Mengapa demikian? karena ketika anda mempunyai tujuan dalam blogging, tentu akan melatih anda untuk menggunakan waktu anda sebaik mungkin. Anda jadi pandai dalam mengelola waktu serta bisa menjadwalkan apa yang anda prioritaskan. Selain itu bila anda mempunyai tujuan yang jelas, akan berdampak baik dalam blogging, juga kehidupan anda. Karena akan memberikan motivasi untuk bekerja meraih apa yang anda inginkan, dan meninggalkan hal-hal yang tidak penting yang biasa dilakukan.

Menjadi seorang blogger profesional bukanlah hal yang mudah. Banyak tantangan yang harus anda hadapi, bisa dari dalam, bisa juga dari luar. Kuncinya adalah, bekerja keras dan bersabar. Semoga 3 tips diatas bisa membantu kita untuk menjadi seorang blogger profesional. Apabila anda mempunyai tips-tips lainnya, anda bisa menuliskannya pada komentar, agar saya dan pembaca lainnya bisa belajar lebih jauh lagi. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih..
Previous
Next Post »
0 Komentar