Kelebihan Serta Tantangan Menjalankan Usaha Rumahan

April 10, 2015
Kelebihan dan Tantangan Usaha Rumahan

Banyak yang mengatakan bahwa merintis usaha rumahan merupakan solusi yang tepat apabila penghasilan utama masih terbilang minim. Saya pun juga setuju akan hal itu. Bukan hanya keuntungan yang menjanjikan bila dikelola dengan serius, usaha rumahan juga tidak memerlukan modal yang besar untuk memulai, bahkan ada juga yang tanpa harus mengeluarkan modal.

Karena itu bagi anda yang ingin merintis usaha rumahan, ada baiknya untuk mengetahui apa saja kelebihan serta tantangan dalam menjalankan bisnis rumahan. Tentunya agar anda jadi memiliki pandangan yang lebih luas dan memiliki strategi sendiri dalam mengembangkan usaha rumahan. Langsung saja, yuk simak pembahasannya!

Kelebihan Menjalankan Usaha Rumahan

  • Modal tidak harus besar. Alasan utama mengapa banyak orang yang memulai usaha rumahan dikarenakan modalnya tidak begitu besar, tergantung usaha apa yang anda geluti. Anda hanya perlu membeli alat yang diperlukan dan tidak perlu membayar gaji para karyawan, karena usaha anda jalankan sendiri. Selain itu anda juga tak perlu repot membayar sewa tempat, karena anda bisa melakukannya di dalam rumah. Dengan memanfaatkan ruang kosong atau tidak terpakai di rumah anda sebagai lapak usaha, tentu sangat menghemat biaya.
  • Kebebasan memanajeman waktu. Ketika anda menjalankan usaha rumahan, maka anda memegang kendali penuh dalam mengelola waktu. Anda bebas bekerja kapan saja dan berhenti kapan saja sesuka anda. Bahkan anda bisa menjadikan hari kerja anda sebagai hari libur anda, apabila sedang tidak mood untuk menjalankan usaha rumahan. Akan tetapi, walau memiliki kendali penuh, anda juga harus pintar dalam mengelola waktu. Jangan sampai usaha rumahan anda terlihat seperti usaha yang uring-uringan karena jadwal yang tidak teratur.
  • Menambah pemasukan keluarga. Semua pekerjaan bisa dijadikan penambah pemasukan keluarga, atau memang karena itulah tujuannya. Akan tetapi usaha rumahan sedikit berbeda. Usaha rumahan memiliki potensi penghasilan yang tak terbatas. Dikarenakan besar kecilnya tergantung dari anda sendiri. Bila usaha rumahan dijalankan secara serius, maka keuntungan yang didapat akan sangat besar. Semakin besar keuntungan yang didapat maka semakin besar juga tambahan pemasukan keluarga. Sebagian dari keuntungan itu juga bisa anda nikmati sendiri. Selain itu, tidak menutup kemungkinan bila usaha rumahan bisa dijadikan sebagai profesi utama. 
  • Membuka lapangan pekerjaan. Semakin besar usaha rumahan yang anda kembangkan, tentunya semakin besar pula target atau pesanan yang diterima. Hal ini tentu bisa dijadikan sebagai lapangan pekerjaan di lingkungan anda. Anda bisa merekrut tetangga-tetangga anda untuk menjadi karyawan usaha rumahan anda. Dari keuntungan yang sudah anda dapat, tentunya anda sudah mampu untuk membayar gaji para karyawan. Dari gaji tersebut tentu bisa menjadi pemasukan tambahan untuk keluarga meraka masing-masing. Dengan memiliki karyawan sendiri, usaha rumahan anda bisa berkembang lebih cepat dengan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
  • Memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga. Karena anda menjalankan usaha di rumah sendiri, sudah pasti waktu untuk bersama keluarga akan lebih banyak. Berbeda dengan pekerja kantoran atau perusahaan yang harus pergi pagi pulang malam, anda bisa dengan mudah mengawasi keluarga anda sembari melakukan pekerjaan anda sebagai pelaku usaha rumahan.
Walaupun usaha rumahan memiliki banyak kelebihan, usaha rumahan justru juga mempunyai tantangan tersendiri. Karena tantangan inilah banyak orang yang berhenti menjadi pelaku usaha rumahan. Apa saja? berikut adalah beberapa tantangan dalam menjalankan usaha rumahan.

Tantangan Menjalankan Usaha Rumahan

  • Membutuhkan tenaga ekstra. Bagi orang yang mengawali usaha rumahan seorang diri, tentu tanggung jawab dan tenaga yang diperlukan jauh lebih besar. Anda melakukan seluruh kegiatan seorang diri. Mulai dari membeli peralatan, membuat produk, dan lain sebagainya. Selain itu usaha rumahan yang dilakukan seorang diri akan sangat sulit untuk tersebar luas, karena hanya anda yang melakukan kegiatan promosi. Banyak jasa yang melayani promosi suatu usaha, namun itu memerlukan dana yang terbilang lumayan besar. Karena promosi dilakukan sendiri, usaha rumahan anda hanya diketahui oleh kenalan atau orang-orang terdekat di lingkungan anda. Yah intinya sangat sulit dan membutuhkan waktu yang lama untuk tersebar luas.
  • Resiko ditanggung sendiri. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, anda menjalankan usaha seorang diri. Jadi keuntungan atau kerugian yang dialami akan dirasakan sendiri. Kemungkinan untuk gagal biasanya sangat besar ketika baru menjalankan usaha rumahan. Belum lagi bila memiliki sifat yang mudah menyerah, tentu hasilnya mudah ditebak. Jadi bila anda ingin memulai usaha rumahan, lebih baik anda sudah siap dengan resiko yang dihadapi.
  • Keterbatasan modal. Di artikel sebelumnya saya pernah mengatakan bahwa besar kecilnya modal tidak akan menjamin keberhasilan suatu usaha rumahan. Hal tersebut memang benar. Akan tetapi modal juga merupakan salah satu faktor vital yang dimiliki oleh pelaku usaha. Ada masanya dimana seorang pelaku usaha mengalami masa sulit, salah satunya keterbatasan modal. Bagi mereka yang menjalankan usaha rumahan seorang diri, tentu masalah ini merupakan hambatan yang besar karena modal keseluruhan ditanggung sendiri. Misalnya modal untuk membeli produk harus diambil sebagian untuk ongkos pulang pergi, belum lagi usaha yang digeluti selama ini belum bisa balik modal. Usaha tanpa modal memang ada, itu pun sebagian besar berbasis online. Belum tentu setiap orang memiliki fasilitas internet bukan? Meski begitu, keterbatasan modal merupakan tantangan tersendiri yang harus anda hadapi.
Membuat usaha rumahan merupakan kegiatan yang menyenangkan, ditambah lagi bila usaha yang dikembangkan merupakan hobi sendiri. Namun saya ingatkan lagi, mengembangkan suatu usaha harus disertai niat yang kuat serta disiplin waktu yang baik. Agar nantinya usaha yang anda lakukan bisa cepat menghasilkan keuntungan untuk anda. Sekian artikel mengenai kelebihan serta tantangan usaha rumahan. Semoga bisa memberikan manfaat untuk anda. Terima kasih.
Previous
Next Post »
0 Komentar