Penyebab Blogger Gagal Untuk Sukses

Juli 25, 2017
Penyebab Blogger Gagal Untuk Sukses

Memperoleh kesuksesan dari dunia blogging tentu merupakan impian setiap blogger. Namun kenyataannya banyak yang belum bisa merasakan kesuksesan tersebut. Ada yang sudah bulanan, ada juga yang sudah tahunan ngeblog tapi belum bisa menghasilkan pundi-pundi sedikitpun. Sehingga banyak yang memutuskan untuk menyerah dan berhenti dari dunia blogging. 

Memang sangat disayangkan bila seperti itu, sebab akan percuma bila berhenti ditengah jalan. Ada 5 hal yang menjadi penyebab utama mengapa blogger gagal untuk sukses, berikut penjelasannya.


1. Mementingkan Kuantitas Daripada Kuantitas

Seseorang yang masih awam atau baru mulai ngeblog, seringkali lebih mengutamakan kuantitas ketimbang kualitas. Seperti halnya mengutamakan jumlah artikel ketimbang mutu artikel. Padahal jumlah artikel bukanlah faktor penentu jumlah pembaca. Apabila hal tersebut dibiasakan, bukan hanya menghambat keberhasilan tetapi juga membuat seorang blogger sulit untuk berkembang. Sebab bila terlalu mengutamakan kuantitas, biasanya akan mendorong seseorang untuk melakukan copy-paste artikel lain. Sehingga pengetahuan blogging menjadi sangat terbatas, karena terbiasa meniru orang lain.

Kalau memang harus mengutamakan kualitas, berati butuh waktu lama dong untuk membuat satu artikel? Ya tentu saja membutuhkan waktu lebih lama. Namun saya jamin, blog yang memiliki artikel sedikit tapi berkualitas, lebih diminati dibandingkan blog dengan segudang artikel yang isinya tidak berkualitas.

2. Malas Untuk Bertanya

Alasan seseorang berhenti ngeblog bukan hanya karena sulit untuk konsisten, tetapi juga disebabkan kesulitan ketika melakukan optimasi SEO dan mereka enggan untuk bertanya kepada blogger lain. Entah mungkin karena malas atau karena gengsi. Padahal tidak ada salahnya bertanya bila sudah menemui jalan buntu. Justru masalah jadi lebih cepat terselesaikan. Selain itu banyak tempat untuk bertanya sesama blogger, seperti misalnya bergabung dengan forum diskusi, grup blogger, dan sebagainya. Oleh sebab itu, janganlah ragu untuk bertanya bila menemukan kesulitan dalam aktivitas blogging.\

3. Tidak Punya Manajemen Waktu

Tidak memiliki manajemen waktu juga menjadi penyebab blogger sulit untuk sukses. Sebab waktu untuk ngeblog menjadi kacau balau karena berbenturan dengan aktivitas atau kesibukan lainnya. Namun memiliki manajemen waktu yang baik bukan juga berati waktu anda dijadwalkan untuk ngeblog setiap saat. Anda harus bisa membatasi waktu untuk beristirahat, berkumpul, dan kapan saat yang tepat untuk ngeblog. Jadi jika anda ingin membuat perubahan, anda harus terlebih dahulu belajar bagaimana mengelola waktu anda dengan baik.

4. Ingin Cepat Berhasil

Memiliki ambisi yang kuat memang diperlukan untuk menggapai tujuan, namun seringkali bersifat ambisius yang berlebihan hanya akan menggagalkan tujuan tersebut. Hal ini sering terjadi ketika seorang blogger yang sedang ngebet-ngebetnya ingin mendapatkan uang dari blog, sehingga ia menghalalkan berbagai cara. Entah itu membuat artikel hoax, copas tulisan orang lain, membeli backlink, dan lain sebagainya. Hal-hal seperti itulah yang akan menghambat kesuksesan seorang blogger. Jadi perlu diingat, memiliki keinginan cepat untuk berhasil itu memang bagus, namun jangan sampai keinginan tersebut membuat pikiran kita kacau sehingga melakukan cara apapun agar tujuan kita cepat tercapai.  
 

5. Overthinking dan Takut Salah


Berpikir itu memang perlu, namun jangan terlalu berlebihan. Sebab hanya akan membebankan diri sendiri. Banyak hal yang bisa menyebabkan seorang blogger menjadi overthinking, dan yang paling sering terjadi adalah ketika seorang blogger ingin semaksimal mungkin agar tulisannya disukai oleh pembaca. Atau dengan kata lain "sangat mengutamakan kualitas". Lah kok bisa? Biasanya seorang blogger yang sangat mengutamakan kualitas, akan membutuhkan waktu yang lama untuk berpikir "bagaimana ya agar pengunjung bisa menyukai tulisan saya?" kemudian "ini udah bener belom ya", dan akhirnya "ah! buat ulang lagi deh!".

Apakah mengutamakan kualitas adalah salah? Tidak, justru bagus, namun jangan sampai hal tersebut membuat kita terlalu banyak berpikir sehingga takut untuk salah. Sebab menulis artikel itu berawal dari latihan serta membutuhkan waktu. Jangan sampai tuntutan berkualitas membuat kita takut untuk mencoba, karena hal tersebut juga membuat blogger sulit untuk berkembang.


Seperti itulah lima penyebab utama seorang blogger gagal menjadi blogger sukses. Intinya, kerja keras yang menentukan cepat lambatnya kesuksesan seorang blogger. Selain itu jangan lupa untuk berdoa. Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Previous
Next Post »
0 Komentar