Mengenal Jasa Penyedia Iklan Google Adsense

Juli 25, 2017
Jasa Penyedia Iklan Google Adsense

Saat anda mencari informasi mengenai "cara menghasilkan uang dari blog", hampir semua sumber yang anda baca berbicara mengenai google adsense. Memangnya apa sih google adsense itu? Bagi anda yang masih belum mengenal google adsense, yuk simak penjelasan dibawah ini!

Apa Itu Google Adsense?

Google adsense merupakan program penawaran iklan oleh google dimana iklan tersebut akan ditampilkan pada halaman website kita yang relevan dengan kata kunci dari iklan tersebut. Sederhananya, google adsense akan menawarkan iklan dan anda menempatkan iklan tersebut di website anda. Program adsense ini dilakukan tanpa biaya spesier pun alias gratis.

Apa Kegunaan Google Adsense?
Ada tiga kegunaan atau fungsi utama dari google adsense, yaitu sebagai penyedia iklan, mempromosikan iklan, dan sebagai penghasilan utama suatu blog/website.

  • Penyedia iklan. Kegunaan atau fungsi google adsense yang pertama adalah sebagai tempat penyedia iklan. Google menyediakan dua fasilitas, yaitu google adsense dan google adwords. Mulanya iklan akan dibuat menggunakan google adwords, kemudian iklan tersebut dikumpulkan di suatu tempat penyediaan yang dinamakan google adsense. Iklan yang ditampung atau disediakan google adsense ini nantinya dipromosikan seperti yang akan dijelaskan di bawah.
  • Mempromosikan iklan. Dengan memanfaatkan fasilitas pada google adsense, iklan tersebut kemudian dipromosikan. Siapa yang mempromosikan? yaitu seorang publisher adsense. Publisher adsense adalah seseorang yang sudah mendaftar ke adsense dan menayangkan iklan yang disediakan google adsense, yang nantinya iklan tersebut akan dipasangkan di halaman blog publisher tersebut.
  • Penghasilan blog. Google adsense akan memberikan penghasilan ke setiap publisher yang telah memasangkan iklan di blog mereka masing-masing. Penghasilan akan di dapat bila ada pengunjung (pembaca) yang secara sengaja atau tidak sengaja mengklik iklan di blog tersebut. Jadi apabila anda sudah memasang iklan dari google adsense di blog anda, dan ada pembaca yang mengklik iklan tersebut, google akan memberikan penghasilan kepada anda.

Cara Kerja Adsense

Gambaran sekilas mengenai sistem kerja adsense sebenarnya sudah dijelaskan diatas.. Sistem kerja adsense sangat sederhana, berikut adalah tahapannya:

1. Advertiser/Pengiklan Membuat Iklan

Bila ingin memahami google adsense, kita juga harus menyinggung pihak yang satunya lagi. Seperti yang dijelaskan diatas, google menyediakan dua fasilitas, yaitu google adsense dan google adwords. Kalau google adsense merupakan jasa penyedia iklan, maka google adwords adalah jasa pembuatan iklan. Yang menjadi pertanyaannya, apabila google adsense merupakan jasa penyedia iklan, lantas dari mana iklan tersebut berasal? Semua iklan yang disediakan google adsense berasasal dari pengiklan (advertiser) google adwords. Pengiklan adalah orang yang menggunakan google adwords untuk membuat iklan dan melakukan promosi. Ada 4 jenis iklan yang bisa di pilih oleh pengiklan untuk dibuat, yaitu:
  • Adsense for content, merupakan iklan yang memang dibuat untuk diletakan di halaman blog atau website. Iklan ini bisa berupa gambar atau sebuah text.
  • Adsense for search, merupakan iklan yang berbentuk mesin pencari yang mirip dengan google,  hanya saja nantinya terletak di halaman website. Google akan memberikan penghasilan kepada blog yang memasang iklan ini apabila ada pengunjung yang melakukan pencarian menggunakan iklan ini. 
  • Adsense for video, merupakan jenis iklan yang ditampilkan dalam video, seperti iklan di video youtube pada umumnya.
  • Adsense for moble, merupakan jenis iklan yang nantinya ditampilkan di perangkat mobile.
Para pengiklan nantinya bisa memilih iklan jenis apa yang ingin dibuat. Namun untuk membuat iklan, para pengiklan akan dikenakan biaya yang besarnya ditentukan oleh pihak adwords. Iklan yang telah dibuat nantinya akan dikumpulkan oleh google adsense. Dengan kata lain, semua iklan yang tersedia di google adsense merupakan iklan yang berasal dari google adwords.

2. Iklan di Sediakan di Google Adsense

Setelah iklan dibuat menggunakan fasilitas yang ada di google adwords, iklan tersebut dikumpulkan dan disediakan di google adsense. Dari semua iklan yang tersedia di google adsense, seseorang yang telah menjadi publisher adsense bisa memilih iklan jenis apa yang ingin dipasang di halaman blognya. Misalnya anda memilih iklan jenis adsense for content, maka otomatis google adsense akan menampilkan iklan jenis tersebut di halaman blog anda. Hebatnya lagi, iklan yang ditampilakn juga otomatis menyesuaikan (relevan) dengan topik blog anda. Selain itu, iklan yang ditampilkan juga memiliki bayaran klik tertinggi. 

3. Publisher Menayangkan Iklan

Publisher adsense merupakan orang yang telah mendaftar ke adsense untuk menayangkan iklan yang disediakan google adsense, yang nantinya iklan tersebut akan dipasangkan di halaman blog milik publisher tersebut. Untuk mendaftar menjadi publisher adsense, anda tak perlu mengeluarkan biaya spesier pun, karena dilakukan secara gratis. Cara pendaftarannya juga mudah, hanya saja anda harus memiliki blog atau website, itu syarat utamanya. Bila anda telah menjadi publisher, anda bisa menayangkan iklan yang disediakan google adsense di blog anda. Sebelum memasang iklan, anda juga diberi fasilitas untuk memformat iklan anda mulai dari ukuran iklan, warna iklan, dan tempat penempatan iklan.

4 Publisher Mendapatkan Penghasilan

Iklan yang telah dipasangkan di halaman blog publisher, merupakan sumber penghasilan sebuah blog. Apabila ada seorang pengunjung yang mengklik iklan di blog tersebut, secara sengaja ataupun tidak sengaja, maka google akan memberikan penghasilan. Jadi semakin banyak mendapatkan klik, semakin banyak pula penghasilan publisher yang didapat.

Keuntungan Menggunakan Google Adsense

Ada dua pihak yang mendapatkan keuntungan dari google adsense ini, yaitu publisher dan pengiklan. Sebagai publisher, tentu anda juga sudah tahu keuntungan yang didapat. Yaitu penghasilan uang dari jutaan sampai ratusan juta rupiah. Penghasilan tersebut berasal dari pengunjung yang mengklik iklan. Semakin banyak klik yang didapat, semakin banyak pula penghasilan yang didapat. Di sisi lain pihak yang mendapat keuntungan adalah pengiklan. Para pengiklan yang menggunakan jasa adwords untuk membuat iklan akan merasa diuntungkan karena iklannya ditampilkan oleh google adsense yang kemudian dipromosikan lebih lanjut oleh publisher, sehingga lebih banyak orang yang mengetahui iklan tersebut.

Kelebihan Menggunakan Google Adsense

Sebenarnya masih ada banyak jasa penyedia iklan lainnya yang anda bisa gunakan. Yang membedakan google adsense dengan jasa penyedia iklan lainnya, google adsense menampilkan iklan google adwords ke situs pulishernya. Selain itu ada kelebihan tersendiri bila menggunakan jasa adsense ini, beberapa diantaranya adalah:

  • Gratis. Seperti yang sudah dijelaskan diawal, program adsense memberikan kesempatan bagi publishernya untuk menghasilkan uang tanpa harus mengeluarkan biaya spesier pun. Siapa saja bisa mendaftar untuk menjadi publisher. Namun ada syarat utama yang harus dipenuhi, yaitu calon publisher harus memiliki sebuah blog.
  • Iklan sudah otomatis menyesuaikan. Kelebihan berikutnya adalah publisher tak perlu repot mencari iklan mana yang paling cocok untuk digunakan. Iklan adsense secara otomatis langsung menampilkan iklan yang paling relevan dengan topik website publisher. Selain relevan, pihak adsense juga menampilkan iklan dengan bayaran tertinggi.
  • Iklan mudah diatur. Ketika seseorang sudah menjadi publisher dan ingin menayangkan iklan di blognya, pihak adsense memberikan fasilitas bagi publishernya untuk mengatur iklan yang ingin ditampilkan. Mulai dari ukuran iklan, warna iklan, lokasi penempatan iklan, dan lainnya. Pengaturan ini jauh lebih lengkap dibandingkan jasa penyedia iklan lainnya.
Google adsense memang menjanjikan keuntungan tanpa modal sedikit pun. Meskipun begitu, diterima menjadi seorang publisher adsense merupakan hal yang sulit. Seperti yang sudah saya jelaskan, syarat utama untuk menjadi publisher adsense adalah memiliki sebuah website atau blog. Namun bukan berti anda bisa langsung diterima sebagai publisher adsense, karena pihak adsense hanya menerima blog yang memiliki kualitas terbaik, yaitu blog atau website yang teroptimasi SEO dengan baik dan memiliki traffic yang tinggi, serta berada di halaman pertama hasil pencarian. 

Banyak blogger yang sudah berkali-kali mendaftar namun masih ditolak karena blognya tidak memenuhi kriteria adsense. Selain itu, biasanya pihak adsense membutuhkan waktu yang agak lama ketika sedang memeriksa (mereview) website yang didaftarkan. Artinya, apabila anda mendaftarkan website anda, maka anda harus menunggu agak lama untuk mengetahui hasilnya, apakah diterima atau tidak. Terlebih lagi pencairan dana di google adsense terbilang sangat tinggi. Seorang publisher baru bisa mencairkan dana apabila penghasilan sudah mencapai 100 dollar. Tiga hal tersebut merupakan kekurangan adsense dibandingkan dengan jasa penyedia iklan lainnya.  

Kebijakan Ketika Menggunakan Google Adsense

Setelah seseorang berhasil menjadi publisher adsense, maka ia harus mengikuti kebijakan yang telah ditetapkan oleh pihak adsense. Google adsense memang terkenal sebagai jasa penyedia iklan dengan aturan yang ketat. Apabila publisher melakukan pelangaran secara sengaja atau tidak sengaja, maka pihak adsense akan menonaktifkan iklan yang telah terpasang di blog publisher tersebut. Bahkan bisa saja google menghapus akun adsense publisher yang melakukan pelanggaran. Berikut adalah beberapa kebijakan yang harus dipatuhi oleh seorang publisher adsense:
  • Publisher dilarang mengklik iklannya sendiri. Mungkin anda sempat terpikir atau merencanakan hal ini bila telah menjadi publisher nantinya. Pihak adsense memiliki alat pelacak untuk mengetahui sumber yang melakukan klik. Apabila sumber berasal dari publisher (pemilik blog), maka pihak adsense akan memberikan sanksi bagi publisher tersebut. 
  • Memaksa pengunjung agar mengklik iklan. Seorang publisher dilarang untuk memaksa (menipu) pengunjungnya agar mengklik iklan di blognya. Seperti contohnya menggunakan kata-kata "klik iklan ini untuk penjelasan lebih lanjut" atau "kunjungi halaman ini" yang padahal itu hanyalah iklan.
  • Publisher dilarang menaruh iklan pada konten terlarang. Konten terlarang merupakan konten yang mengandung unsur pornigrafi, kekerasan, SARA, dan sejenisnya. Selain itu publisher juga dilarang untuk meletakan iklan pada halaman yang menjual barang (produk) palsu.
  • dan masih banyak lagi...
Untuk mengetahui kebijakan adsene lebih lengkap, anda bisa mengunjungi halaman kebijakan adsense.

Setelah anda membaca artikel ini, anda bukan hanya memahami seputar google adsense, tetapi juga sekilas mengenai google adword. Google adwords merupakan jasa pembuatan iklan, sedangkan google adsense merupakan jasa penyedia iklan yang menyediakan dan menampilkan iklan adwords. Saya katakan sekali lagi, program adsense ini sepenuhnya gratis, namun anda harus memiliki blog yang benar-benar berkualitas agar nantinya diterima sebagai publisher adsense.
Previous
Next Post »
0 Komentar