Bahaya Melanggar Hak Cipta Ketika Mengupload Video di Youtube

Juli 25, 2017
Bahaya Melanggar Hak Cipta


Hati hati saat mengupload video ke youtube. Apabila video yang anda unggah melanggar hak cipta, maka akan berpeluang besar dihapus oleh pihak youtube. Pelanggaran hak cipta sering terjadi karena kita mengesampingkan hal-hal kecil. Sebelum membahas lebih lanjut, apasih pelanggaran hak cipta?

Pelanggaran Hak Cipta adalah Penggunaan karya berhak cipta yang melanggar hak eksklusif pemegang hak cipta, seperti hak untuk mereproduksi, mendistribusikan menampilkan atau memamerkan karya berhak cipta, atau membuat karya turunan, tanpa izin dari pemegang hak cipta, yang biasanya penerbit atau usaha lain yang mewakili atau ditugaskan oleh pencipta karya tersebut.

Ada beberapa Kasus atau kejadian dimana anda dapat melanggar hak cipta, berikut adalah contohnya

1. Jika anda pergi menonton bioskop entah film apapun itu, lalu anda merekamnya dengan kamera dan mengunggahnya ke youtube. Apakah anda tahu hal yang baru saja anda lakukan termasuk melanggar hak cipta? Karena yang anda rekam adalah konten orang lain. Anda dapat dituntut karena melanggar hak cipta orang lain, menggunakan konten orang lain tanpa izin. Karena perbuatan tersebut anda harus bertanggung jawab, dapat berupa ganti rugi, video anda akan terhapus, atau bahkan akun youtube anda juga beresiko terhapus.

2. Anda berada di sebuah festival, festival tersebut diiringi dengan lagu metallica (misalkan). Anda lalu merekam festival tersebut dan mengunggahnya ke youtube. Karena video yang kita rekam terdapat lagu metallica, maka hal itu juga termasuk pelanggaran hak cipta. 

3. Anda menonton video di youtube, kemudian anda mendownloadnya dan mengunggahnya kembali ke youtube. Hal ini sudah pasti merupakan pelanggaran hak cipta karena anda mengunggah karya orang lain. Hal ini berlaku juga sebaliknya, misalkan anda membuat video asli buatan anda dan mengunggahnya ke youtube. Kemudian ada seseorang yang menontonton video anda dan mendownloadnya lalu mengunggahnya kembali ke youtube. Sama seperti tadi, hal ini juga termasuk pelanggaran hak cipta. Anda bisa mengadukan kepada pihak youtube dan menuntut orang tersebut atau meminta ganti rugi karena mengunggah karya anda tanpa seizing anda.

4. Misalkan, sekarang anda akhirnya membuat video asli buatan anda tanpa menjiplak karya orang lain. Anda membuat video mobil dengan soundtrack dari film fast and furious, dan memasukannya ke youtube. Eeitss tunggu dulu, bagus bila anda membuat video asli tanpa menjiplak karya orang lain dan mengunggahnya ke youtube karena hal itu tidak bermasalah. Tapi karena anda menggunakan soundtrack film fast and furious maka hal ini termasuk pelanggaran hak cipta, anda menggunakan soundtrack film tanpa izin. Kecuali jika anda telah melakukan izin pada pihak yang berwenang, maka hal ini tidak bermasalah.

Jadi perlu diketahui lebih dalam, apa bila anda mengupload video hasil rekaman di tv, bisokop, menjiplak atau menggunakan video lain, menggunakan soundtrack film, instrument musik yang berhak cipta, potongan musik, apabila anda menggunakannya tanpa seizin pihak yang berwenang, maka perbuatan anda termasuk melanggar hak cipta. Jadi lebih baik bila ingin mengunggah video di youtube, buatlah video sendiri dengan instrument buatan sendiri. Tapi anda juga bisa menggunakan Pustaka Audio Youtube yang berisi lagu, music dan instrument yang dapat digunakan secara gratis.
Previous
Next Post »

1 komentar

  1. Kalau misalnya saya buat spectrum,terus lagunya Alan Walker apa saya bisa kena sanksi?

    BalasHapus