Menjadi Blogger Itu Sulit Lho, Ini Alasannya!

Juli 25, 2017
Tantangan Ngeblog Bagi Pemula

Banyak yang mengatakan bekerja sebagai seorang blogger sangatlah mudah dan menyenangkan. Kalau menyenangkan sih, menurut saja memang benar. Sebab tidak membutuhkan tenaga fisik yang berat dan dapat dilakukan sambil bersantai. Selain itu hanya dengan menulis blog pun kita dapat menghasilkan jutaan sampai ratusan juta rupiah, dan itulah yang menyebabkan saat ini banyak orang yang mulai menulis blog dan beralih profesi sebagai seorang blogger. 

Namun kalau dibilang mudah, menurut saya tidaklah mudah, bahkan terbilang cukup sulit. Sebab menjadi blogger diperlukan kerja keras serta niat yang kuat. Sehingga seringkali banyak yang gugur dalam satu bulan pertamanya. Seperti apa sih kesulitan menjadi blogger itu? Berikut penjelasannya.

Seorang Blogger Harus Menulis Artikel Setiap Saat
"Yah namanya juga blogger, nulis artikel itu udah kayak kebutuhan sehari-hari", seperti itulah kiranya kalimat yang sering muncul dalam lingkungan blogger. Namun memang seperti itulah faktanya. Bagi mereka yang memutuskan menjadi full time blogger, menulis blog merupakan kebutuhan yang harus dilakukan setiap saat. Sebab blog merupakan sumber penghasilan utama mereka. Yang baru mulai menjadi blogger pun juga harus terbiasa untuk bisa menulis artikel setiap saat. Sebab bila tidak menulis artikel dan menerbitkannya, blognya tentu tidak memiliki bacaan sehingga tidak akan ada orang yang membaca. Terlebih lagi rasa malas dan bosan bisa datang kapan saja, dan itu sering terjadi saat masih baru menulis blog. Bila sudah kehilangan semangat, tentu sangat menyulitkan untuk bisa konsisten menulis artikel setiap saat.

Nulis Artikel Berkualitas Itu Sulit
"Copas? Nggak jaman bro". Ketika seseorang baru mulai belajar membuat blog, copy-paste ini merupakan kegiatan yang "lumrah" dilakukan. Saya pun juga sama ketika masih baru membuat blog. Namun kenyataannya, copas artikel orang lain hanya akan memperburuk keadaan. Yang terjadi, anda akan tidak disukai oleh blogger lainnya. Pengunjung pun juga akan mencap anda sebagai blogger yang buruk. Oleh sebab itu lah setiap blogger dituntut untuk bisa menulis artikel sendiri, meski kenyataannya menulis artikel berkualitas merupakan hal yang sangat menyulitkan. Saya sendiri membutuhkan waktu dua tahun agar bisa menulis seperti sekarang. Dan sampai saat ini pun saya masih kesulitan setiap membuat artikel. Sebab saya ingin artikel yang saya buat bisa berguna dan bermanfaat sepenuhnya. Namun bila anda masih baru ngeblog dan ingin belajar keterampilan menulis, saran saya lebih banyak membaca blog-blog profesional lainnya, seperti maxmanroe, mas sugeng, dan masih banyak lagi.

Menjadi Blogger Sangat Menyita Waktu
Sudah pasti berprofesi sebagai seorang blogger sangat menyita waktu anda. Biarpun sebatas pekerjaan sampingan, ngeblog merupakan pekerjaan yang menyulitkan. Sebab waktu yang digunakan untuk beristirahat dari aktivitas sehari-hari digunakan untuk kegiatan blogging. Mereka yang berprofesi sebagai full time blogger pun juga demikian. Walaupun sudah dijadikan sebagai pekerjaan utama, mereka harus menulis artikel setiap hari sehingga sangat menyita waktu mereka. Waktu yang seharusnya dijadikan momen bersama keluarga, ataupun berkumpul bersama teman, digunakan untuk kegiatan blogging.

Banyak Hal yang Harus Dipelajari
Menjadi seorang blogger tidak hanya membutuhkan keterampilan menulis, namun juga membutuhkan pengetahuan dan keterampilan lainnya. Mengapa demikian? Karena pada dasarnya blogger juga membuat website, maka mau tidak mau anda harus mempelajari bahasa pemrograman seperti kode html, css, javascript, dan masih banyak lagi. Anda pun juga harus mempelajari segudang teknik optimasi SEO yang sangat melelahkan. Tidak sampai disitu, anda juga harus memahami berbagai macam istilah dalam dunia blogging. Memang di satu sisi pengetahuan anda tentang dunia internet akan berkembang pesat, namun tetap saja hal ini sangat melelahkan dan merepotkan.

Sulit Mendapatkan Pengunjung
Mendapatkan banyak pengunjung tentu merupakan impian semua blogger, namun kenyataannya memperoleh trafik yang tinggi bukanlah hal yang mudah, bahkan sangat sulit. Ketika seseorang baru membuat blog dan menerbitkan satu artikel, tentu saja tidak ada seseorang yang membaca artikel tersebut, sebab belum berada di halaman pertama hasil pencarian. Kecuali jika ia mempromosikannya melalui sosial media, dan itupun belum tentu ada yang mau membaca. Selain itu meski bila sudah berada di halaman pertama hasil pencarian, tidak akan menjamin artikel tersebut SELALU mrendapatkan trafik yang tinggi. Sebab persaingan yang begitu ketat, dan tentunya selalu ada blogger lain yang memiliki tema yang sama. Sehingga kualitaslah yang menentukan. Bila blogger lain yang lebih berkualitas, tentunya sangat sulit bagi kita untuk mendapatkan pengunjung.

Mendapatkan Uang dari Blog Membutuhkan Waktu
Sebagian besar yang memutuskan menjadi seorang blogger, disebabkan oleh fakta bahwa blog bisa menghasilan uang. Padahal menghasilkan uang dari blog itu membutuhkan waktu yang sangat lama, tidak bisa instant. Bisa bulanan bahkan tahunan, tergantung dari kegigihan anda. Namun kenyataannya banyak yang memutuskan untuk berhenti sebelum akhirnya mereka bisa menghasilkan pundi-pundi dari blog. Saya pun sempat menyerah selama setahun, namun melihat banyaknya blogger yang telah sukses, saya jadi iri dan termotivasi untuk bangkit kembali menjadi seorang blogger. Yang harus anda ingat, semua membutuhkan waktu. Banyak blogger yang terlalu berambisi untuk menghasilkan uang sehingga menggunakan cara-cara terlarang seperti membeli backlink, membuat artikel hoax untuk menarik pengunjung, dan masih banyak lagi. Padahal justru hal tersebutlah yang menghambat mereka menghasilkan uang dari blog. 

Seperti itulah sulitnya menjadi seorang blogger. Memang tidak mudah dan membutuhkan waktu. Sekian dan terima kasih.


Previous
Next Post »
0 Komentar