3 Cara Ampuh Memaksimalkan Pendapatan Adsense

Juli 25, 2017

Memaksimalkan Pendapatan Adsense

Seperti yang kita tahu, Seseorang bisa menghasilkan jutaan sampai ratusan juta rupiah hanya menggunakan jasa penyedia iklan Google Adsense. Meski begitu, banyak yang belum bisa menikmati penghasilan dengan mulus meski sudah memasangkan iklan adsense pada blognya. Hal tersebut bisa terjadi karena belum maksimalnya dalam menggunakan iklan adsense, atau belum mengetahui strategi penggunaan iklan yang baik. Apabila anda juga mengalami nasib serupa, berikut adalah tiga cara yang dapat anda lakukan:

1. Meningkatkan Trafik

Prinsip Adsense sederhana, "banyak klik, banyak penghasilan". Bagaimana cara untuk mendapatkan banyak klik? Tentu saja dengan meningkatkan trafik. Apabila trafik suatu website tinggi, maka kemungkinan besar jumlah klik iklan pada website akan bertambah, sehingga penghasilan pun semakin meningkat. Ada banyak cara untuk meningkatkan trafik website, berikut beberapa diantaranya:

  • Buat konten berkualitas. Langkah awal meningkatkan trafik adalah dengan membuat konten-konten yang berkualitas. Coba saja anda bayangkan, apakah ada orang yang mau membaca konten yang tidak memberikan manfaat sama sekali? sudah pasti tidak. Konten berkualitas, artinya konten yang memuat informasi yang dicari pembaca, konten yang original dan tidak copas, serta isinya bermanfaat bagi pembacanya. Cara agar anda dapat membuat konten berkualitas, yaitu buatlah konten dengan tema yang anda sukai dan anda kuasai.
  • Gunakan social media. Menggunakan social media terbukti meningkatkan trafik blog dengan cepat. Setelah anda melakukakan promosi di salah satu media sosial, tak ada salahnya untuk meminta teman anda mengunjungi blog anda. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas blog yang berhubungan dengan tema blog anda di media sosial. Seperti misalnya anda bergabung dengan komunitas blog di facebook dimana komunitas tersebut memiliki topik yang sama dengan blog anda. Nantinya anda bisa melakukan kegiatan promosi disana.
  • Melakukan kegiatan link building. Link building merupakan kegiatan membangun backlink yang tujuan utamanya untuk meningkatkan trafik. Ada banyak cara yang dilakukan dalam link building seperti guest blogging, social bookmarking, broken link building, dan masih banyak lagi. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa membaca cara membangun backlink berkualitas.

2. Mempercepat Loading Website

Anda pasti merasa jengkel mengunjungi website yang memiliki loading lama (lemot). Sebagian besar orang yang mengunjungi website yang lemot, pasti akan langsung keluar dan mencari website lain. Ada banyak hal yang menyebabkan loading website sangat lama. Salah satunya penggunaan iklan yang berlebihan. Iklan dalam jumlah besar sangat memperlambat loading website. Bukan hanya buat lemot, tetapi juga mengganggu kenyamanan pembaca. Selain itu jumlah gambar dalam artikel yang terlalu banyak juga memperlambat loading website. Gambar memang penting untuk mempercantik artikel, namun gunakanlah secara wajar. Kemudian hapus widget yang tidak perlu pada blog anda. Penggunaan widget yang berlebihan sangat terkesan berantakan dan memperlambat loading.


3. Memaksimalkan Penggunaan Iklan

Iklan merupakan sumber penghasilan sebuah blog. Bila anda memaksimalkan penggunaan iklan, tentu penghasilan yang didapat juga maksimal. Berikut adalah beberapa cara yang anda bisa lakukan untuk memaksimalkan penggunaan iklan:

Penempatan iklan yang strategis. 
Perlu anda ketahui, penempatan iklan juga mempengaruhi penghasilan adsense. Semakin strategis lokasi penempatan iklan, semakin besar kemungkinan pengunjung melakukan klik pada iklan. Ada beberapa tempat yang dianjurkan untuk menempatkan iklan, seperti di bawah judul postingan, di bagian tengah artikel, dan dibawah artikel. Bagaimana dengan sidebar? Penempatak iklan di bagian sidebar dinilai kurang efektif untuk mendapatkan klik pengunjung. Intinya, pastikan iklan terletak dalam wilayah yang menjadi fokus pembaca, namun tetap utamakan keamanan pembaca ketika hendak meletakan iklan.

Gunakan ukuran iklan yang tepat
Dalam panduan iklan adsense, dijelaskan bahwa ukuran iklan yang lebar cenderung bekerja lebih baik dibandingkan iklan yang memanjang, karena lebih menarik dan mudah dibaca. Selain itu ukuran iklan yang lebar memudahkan pengunjung membaca tulisan pada iklan dengan sekilas. Ada beberapa jenis ukuran yang dianggap paling efektif oleh pihak adsense, yaitu:
  • Ukuran 336 x 280, ukuran ini dinamakan kotak besar. Efektif bila ditempatkan dalam halaman artikel atau bagian bawah artikel.
  • Ukuran 300 x 250, ukuran ini dinamakan kotak sedang. Efektif bila ditempatkan dalam halaman artikel atau dibagian bawah artikel.
  • Ukuran 728 x 90, ukuran ini dinamakan spanduk utama yang bentuknya horizontal memanjang. Efektif bila ditempatkan dibagian atas halaman utama website (header).
  • Ukuran 300 x 600, ukuran ini dinamakan separuh laman yang bentuknya vertikal memanjang. Walau umumnya terletak di bagian sidebar, pihak adsense mengatakan ukuran ini sangat efektif.
Gunakan iklan sewajarnya
Banyak yang beranggapan semakin banyak iklan akan semakin baik untuk memaksimalkan penghasilan. Justru malah sebaliknya. Yang harus anda ingat, tujuan utama memaksimalkan penggunaan iklan adalah untuk mendapatkan jumlah klik yang banyak, namun bukan berati memasang iklan berlebih. Penggunaan iklan berlebih hanya akan memperlambat loading website dang mengganggu kenyamanan pembaca . Berapa jumlah iklan yang dianjurkan? Umumnya tiga iklan dalam satu halaman. Jumlah tersebut sudah terbilang banyak. Cara memaksimalkan penggunaannya, pilih ukuran iklan yang dianggap memiliki kinerja terbaik oleh pihak adsense, dan tempatkan pada lokasi yang strategis.

Hapus jaringan iklan lainnya
Menggunakan beragam jaringan iklan pada website membutuhkan waktu yang lama untuk memperoleh penghasilan yang besar. Selain dikarenakan besar harga klik setiap jaringan iklan berbeda, besar penghasilannya pun akan terbagi-bagi. Karena itu, usahakan website anda hanya menggunakan 1 jaringan iklan, dalam kasus ini adalah adsense. Dibandingkan jasa penyedia iklan lainnya, iklan adense memiliki harga klik yang lebih tinggi.

Seperti itulah cara yang dapat anda lakukan untuk memaksimalkan pendapatan adsense. Yang harus anda ingat, penghasilan yang besar membutuhkan waktu yang lama. Tergantung seberapa besar kerja keras anda. Semoga artikel ini bermanfaat, sekian dan terima kasih...
Previous
Next Post »
0 Komentar