Tips Membangun Backlink Yang Berkualitas Dan Aman

September 30, 2017
Tips Membangun Backlink Berkualitas dengan Aman

Backlink memang merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dalam SEO, karena backlink berperan penting untuk membangun kualitas sebuah website. Namun untuk membangun sebuah backlink tentu tidak bisa sembarangan. Memang banyak asumsi yang mengatakan semakin banyak backlink akan semakin bagus. Akan tetapi banyak bukan berati berlebihan, bagus untuk website belum tentu bagus di mata search engine. Mengapa demikian?

Google sangat menyukai website dengan daya jual tinggi, yakni berkualitas, dan teroptimasi SEO dengan baik. Namun google bisa saja memberikan penalti atau hukuman pada website yang melakukan optimasi dengan cara yang bertentangan dengan aturan yang telah ditetapkan google. Algoritma google dapat melihat website yang mencari banyak backlink untuk memperoleh trafik dan peringkat pada search engine tanpa mempedulikan kualitas backlink. Hasilnya tentu sirine google akan segera menyala dan menyebabkan rangking suatu website merosot drastis, bahkan banyak yang mengalami deindex atau dihapus dari daftar hasil pencarian search engine.

Berdasarkan pembelajaran saya, saya menyimpulkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika ingin membangun backlink berkualitas di mata google. Berikut penjelasannya.

1. Relevansi

Google sangat menginginkan adanya relevansi yang kuat pada website yang sedang mengembangkan backlink. Ketika anda melakukan backlink, sumber backlink harus relevan dengan websiote yang anda miliki. Apabila website anda bertemakan otomotif, maka carilah website lain yang bertemakan otomotif untuk melakukan backlink, begitu juga seterusnya. Dengan adanya relevansi, tentu akan membantu google untuk menandai website penerima backlink sebagai rujukan terpeecaya, sehingga akan meningkatkan peringkat pada search engine.

2. Sumber Backlink Yang berkualitas dan Terpercaya

Tentu merupakan hal yang masuk akal mendapatkan backlink dari website berkualitas, memiliki pagerank tinggi, dan mendapat kepercayaan google. Saya sering mendengar banyak yang mengeluhkan peringkat mereka turun padahal sering mendapatkan backlink. Alasannya pun bisa ditebak, karena mereka tidak memperhatikan kualitas backlink itu sendiri. Jangan pernah mencari backlink dari website yang memiliki kualitas jauh di bawah website anda, karena akan memberikan pengaruh buruk.


3. Backlink Yang Beranekaragam

Membangun backlink yang berkualitas adalah kewajiban, perlu diketahui bahwa google lebih menyukai website yang melakukan variasi backlink, karena akan memberikan kesan high-quality. Anda bisa mendapatkan backlink yang bervariasi melalui berbagai sumber, seperti social media (facebook, twitter, google plus), web 2.0, Social Bookmarking, forum diskusi, dan lain - lain. Walaupun backlink yang dibangun berkualitas namun berasal dari satu sumber saja atau dengan teknik itu - itu saja, bisa dikatakan cara tersebut belum maksimal. Intinya backlink beraneka ragam lebih memberikan pengaruh yang besar di mata google.

4. Rel Nofollow & Dofollow

Backlink dari link dofollow berperan penting untuk meningkatkan pagerank halaman sebuah website, dan membantu memperoleh posisi terbaik pada SERP. Memang backlink dari link dofollow memberikan poin lebih ketimbang backlink dari link rel nofollow, bahkan banyak blogger yang mengatakan link rel nofollow tidak memiliki pengaruh sama sekali. Kalau memang betul, untuk apa diciptakan? Saya setuju backlink dari link rel nofollow memiliki poin yang kecil, namu ia masih memiliki peran untuk meningkatkan trafik website dan berperan untuk membangun backlink yang natural. Bisa dikatakan backlink dari link dofollow dan rel nofollow penting untuk membangun backlink yang berkualitas.

5. Backlink Satu Arah (Oneway Link)

Oneway link merupakan kegiatan menaruh link pada sebuah website, sedangkan website tersebut tidak menaruh balik alamat websitenya pada halaman website yang kita miliki. Mudahnya website A menaruh alamatnya berupa link pada halaman website B. Ketika saya melakukan penelitian untuk menemukan penjelasan ini, banyak website saya temui yang mengatakan oneway link lebih bagus dariu backlink dua arah. Sebenarnya backlink satu arah dan dua arah sama bagusnya, apabila kedua backlink tersebut merupakan link dofollow. Namun untuk menaikan pagerank pada search engine, backlink satu arah dinilai lebih dominan.

6. Menggunakan Anchor Text

Penggunaan anchor text dalam strategi backlink merupakan hal yang tepat. Anchor text menandakan sinyal bagi search engine untuk mengetahui apa yang berhubungan dengan halaman website anda. Perkembangan algoritma google penguin meningkatkan penilaian penggunaan anchor text. Jadi sangat disarankan untuk membangun anchor text yang relevan dengan website anda. Agar terlihat berkualitas lakukan variasi anchor text, jangan pernah lakukan anchor text yang "itu - itu saja" dalam jumlah besar. Ada beberapa jenis anchor text yang memberikan nilai lebih besar dibandingkan jenis anchor text lainnya. Yaitu branded anchor text, exact match anchors, naked link anchor (url), dan generic anchor.

7. Backlink Dari IP Berbeda

IP (Internet Protocol) adalah sebuah alamat pada komputer agar komputer bisa saling terhubung dengan komputer lain. Backlink dari IP yang berbeda dipercaya mampu memberikan backlink yang lebih bernilai dibandingkan backlink dari IP yang sama. Jika anda membangun backlink dari IP yang sama, anda harus lebih waspada, karena bisa saja terjadi manipulasi backlink.

8. Lakukan Secara Natural

Backlink yang natural akan memperlihatkan bahwa anda seorang blogger yang profesional. ketika kita berbicara cara membangun backlink yang natural, tentu berlebihan bukan solusi yang baik. Membangun backlink juga memerlukan tahapan. Seringkali ditemukan hanya dengan membayar sejumlah uang anda akan mendapatkan backlink dalam jumlah besat saat itu juga. Itu sangatlah tidak natural. Akan jauh lebih baik nila anda membangun backlink selama sebulan dengan lima link setiap harinya. Selain itu backlink dengan jumlah besar dalam waktu singkat akan menandakan spam di mata google. Karena itu lakukanlah secara perlahan dan tidak berlebihan agar telihat natural.

Sekali lagi saya ingatkan, jangan pernah melakukan backlink secara berlebihan, apalagi menggunakan cara curang seperti membeli backlink. Memang banyak cara untuk mendapatkan backlink yang baik, 8 poin diatas adalah tips yang menurut saya memberikan dampak yang baik dalam kegiatan link building. Sekian artikel mengenai tips dalam melakukan backlink, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Previous
Next Post »
0 Komentar