Pengertian dan Kegunaan Blog Dummy, Serta Pengaruhnya Untuk SEO

September 23, 2017
Blog Dummy

Ketika anda mulai mempelajari SEO khususnya backlink, atau cara membangun backlink, Sering kali muncul istilah blog dummy. Apa sih blog dummy itu? Kali ini saya akan mulai dari pengertian, manfaat, serta pengaruhnya terhadap SEO.

Pengertian Blog Dummy

Sesuai dengan namanya "dummy" yang bisa diartikan palsu, buatan, atau contoh, adalah sebuah blog tiruan yang berisikan konten yang apa adanya. Blog dummy ini sengaja dibuat dengan tujuan untuk memberikan backlink berupa contextual link menuju website utama anda. Sederhana bukan? Jadi blog dummy ini sama dengan blog pada umumnya, membahas mengenai suatu hal, berisikan tulisan dan gambar. Bedanya blog tersebut dirancang untuk memberikan backlink pada website utama.

Konten yang dimuat dalam blog dummy kebanyakan adalah hasil copas, apa adanya tanpa memperhatikan kualitas isinya. Alasannya karena untuk mendongkrak kualitas website utama anda. Misalkan website utama anda bertemakan SEO, kemudian anda membuat blog dummy yang bertemakan sama dan menaruh backlink yang mengarah pada website utama anda. Dengan begitu, akan menandakan bahwa website utama anda merupakan website rujukan dan berisikan konten yang informatif.

Manfaat Blog Dummy

backlink berasal dari blog dummy

Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dengan membuat blog dummy. Seperti dijelaskan diatas, yang pertama adalah kualitas. Ketika menaruh backlink yang mengarah pada website utama anda pada blog dummy, akan memperlihatkan website utama anda bermanfaat karena menyajikan konten yang berkualitas. Yang kedua blog dummy dapat meningkatkan trafik pada website utama. Ketika pengunjung mengunjungi blog dummy dan mengklik link yang mengarah pada website utama anda, maka mereka akan langsung dibawa menuju halaman website utama anda. Hal ini tentu akan meningkatkan trafik money site anda.

Pengaruh Blog Dummy Terhadap SEO

Apakah blog dummy memberikan pengaruh terhadap SEO? Hal ini masih menjadi perbincangan hangat. Ada yang bilang blog dummy sangat bagus untuk meningkatkan kualitas SEO, karena blog dummy membuat website utama menjadi website rujukan, sehingga dapat menyebabkan google memberikan kepercayaan pada website utama anda untuk berada di posisi atas hasil pencarian.  Namun ada juga yang mengatakan blog dummy adalah trik SEO murahan, hanya memperlihatkan cari - cari backlink saja dan akan memberikan pengaruh buruk terhadap SEO website anda.

Menurut saya, blog dummy bisa memberikan dampak positif dan juga bisa memberikan dampak negatif terhadap SEO website. Tentu kita tahu algoritma penguin akan memantau kualitas backlink, apakah caranya wajar atau menggunakan blackhat SEO. Termasuk blog dummy ini, menurut saya tergantung cara anda mengoptimalkannya. Ketika membuat blog dummy, pastikan blog dummy tersebut relevan dengan website utama anda, memiliki kesamaan topik. Jangan pernah menanamkan link website utama anda pada halaman blog dummy secara berlebihan, atau dalam jumlah besar. Karena cara seperti itulah yang memberikan dampak buruk pada SEO website utama anda.

Cara Membuat Blog Dummy

Untuk membuat blog dummy, caranya sangat mudah. Se[erti ketika anda ingin membuat blog, caranya sama. Anda bisa membuat blog dummy dari platform gratisan seperti joomla, wordpress, webly dan lainnya. Namun bila anda ingin membuat blog dummy, pastikan melalui platform yang berbeda. Misalkan anda menggunakan joomla untuk membuat website utama, maka gunakan platform lain untuk membuat blog dummy seperti wordpress, drupal, dan lainnya. Mengapa demikian? karena backlink dari platform yang berbeda atau blog dummy dengan platform yang berbeda akan meningkatkan trafik pada SERP.

Seperti itulah blog dummy, banyak yang menggunakan blog dummy sebagai strategi SEO mereka. Walaupun blog dummy merupakan blog tiruan atau hanya asal asalan, tentu anda juga harus melakukan update di setiap artikel pada blog dummy, karena hal itu mampu meningkatkan kualitas backlink yang didapat.
Previous
Next Post »
0 Komentar