5 Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil yang Untung Besar

Oktober 06, 2017
Usaha Rumahan dengan Modal Kecil Untung Besar

Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang mulai merintis usaha rumahan sebagai pekerjaan sampingan, banyak pula yang menjadikannya sebagai profesi utama. Untuk membuat suatu usaha rumahan memang tidak terlalu sulit. Baik anak sekolahan, remaja, orang dewasa, ibu rumah tangga, atau siapapun dapat membuat usaha rumahan sendiri. Namun yang menjadi permasalahan, banyak yang enggan memulai usaha rumahan karena beranggapan "usaha rumahan membutuhkan modal yang besar."

Meskipun modal yang besar memberikan dukungan lebih ketika memulai usaha, modal tidak menentukan berhasil atau tidaknya suatu usaha rumahan. Modal terpenting yang harus dimiliki adalah niat dan semangat pantang menyerah ketika memulai usaha rumahan, karena untuk mengembangkan usaha tentunya tidaklah mudah, bahkan cukup sulit. Selain itu banyak pelaku usaha rumahan yang telah membuktikan bahwa modal tidak menentukan kesuksesan kelak, seperti contohnya ibu Kastinah.

Ibu Kastinah memulai usahanya dengan modal yang kecil. Namun ia memiliki pengetahuan dan semangat juang yang tinggi sehingga berhasil mengembangkan usaha rempeyek di rumahnya dengan omset Rp 300 juta/bulan. Masih banyak lagi kisah sukses yang berawal dari modal kecil seperti ibu Kastinah ini, anda pun juga bisa melakukannya. Banyak usaha rumahan dengan modal kecil yang memberikan keuntungan bila dikelola dengan serius seperti yang akan dibahas kali ini. Berikut adalah usaha rumahan dengan modal kecil yang memberikan keuntungan besar.

1. Usaha Menjual Pulsa Elektrik

Usaha Menjual Pulsa Elektrik

Bisnis pulsa elektrik memang bukanlah hal yang baru, namun bisnis ini terbukti memberikan keuntungan yang cukup besar dengan modal yang kecil. Caranya juga mudah, anda cukup memiliki satu buah handphone (jadul juga bisa) dan uang sebesar Rp 50 ribu untuk melakukan deposit. Setelah itu anda bisa mendaftarkan diri anda ke agen pulsa terdekat. Jadi bisa dikatakan bisnis pulsa hanya memerlukan modal uang Rp 50 ribu. 

Biasanya dalam sekali transaksi, anda akan mendapatkan keuntungan sekitar Rp 200, ada juga Rp 600, kita asumsikan saja Rp 200. Bila sehari anda mendapatkan 100 pelanggan, maka perhitungannya tinggal 200 x 100 dah hasilnya 200 ribu. Jadi bila sehari anda mendapatkan 100 pelanggan, maka anda akan mendapatkan Rp 200 ribu perharinya. Bisnis pulsa elektrik ini bisa memberikan profit yang besar dikelola secara konstan dan serius.

2. Usaha Rumahan Bisnis Katering

Usaha Katering

Bisnis kuliner yang satu ini memiliki peminat yang sangat banyak dengan keuntungan yang sangat menjanjikan. Mengapa, karena bisnis katering ini bukan hanya dipesan untuk acara pernikahan, arisan, atau sebagainya. Tetapi telah berkembang menjadi kebutuhan sehari-hari. Hal itu dikarenakan banyaknya ibu rumah tangga yang terlalu sibuk karena memiliki pekerjaan diluar rumah, sampai tak sempat membuatkan makanan atau bekal untuk keluarganya, sehingga lebih memilih untuk memesan katering. 

Selain itu bisnis katering ini memiliki target pasar yang luas, bisnis ini peminatnya tak kenal umur ataupun profesi. Baik anak sekolahan, guru, orang kantoran, dan lainnya, banyak yang suka memesan katering. Selain makanannya terjamin aman dan menyehatkan, mereka juga tak perlu antri seperti di tempat makan atau kantin. Biasanya modal awal untuk melakukan bisnis katering ini mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 2 juta, tergantung dari jumlah pesanan yang ditargetkan.

3. Dropship

Usaha Dropship

Dropship bisa dikatakan sebagai usaha tanpa modal, artinya tak perlu biaya untuk memulai. Dropship merupakan kegiatan menjual kembali suatu barang, dimana anda (pelaku dropship) berperan sebagai penghubung antara penjual dan pembeli. Dropship ini hanya dilakukan secara online, mengapa? Karena bsinis ini dilakukan tanpa modal, jadi anda tidak memiliki barang dagangan sama sekali. Anda hanya berperan sebagai penghubung (pemasar) barang dagang dari penjual aslinya, kepada pembeli. 

Sebagai contoh ada penjual yang menjual baju seharga 30 ribu secara online. Kemudian anda memasarkan baju tersebut secara online dengan harga yang berbeda, misalnya 40 ribu. Apabila ada orang yang ingin membeli baju tersebut dan memesannya kepada anda, anda tinggal melanjutkannya dengan memesan baju pada penjual aslinya atas nama orang tadi. Keuntungan yang didapat dihitung dengan cara harga yang anda tetapkan dikurangi harga aslinya. Dalam kasus ini anda mendapatkan keuntungan Rp 100 ribu tanpa mengeluarkan modal sedikit pun. Bila Dropship dilakukan secara serius, maka bisnis tanpa modal ini akan meraup keuntungan yang besar.

4. Membuka Usaha Jasa Potong Rambut

Usaha Potong Rambut

Kenapa jasa potong rambut? Tentu saja bisnis potong rambut tidak akan pernah mati tergerus oleh zaman. Setiap harinya pasti banyak orang yang pergi ke tukang cukur untuk mencukur rambut mereka. Yah intinya, selama rambut masig tumbuh, jasa potong rambut akan tetap hidup. Selain itu untuk membuka jasa potong rambut, diperlukan modal yang terbilang kecil, bahkan bisa dimulai tanpa modal bila anda sudah mempunyai alat yang diperlukan, seperti gunting, cermin, kursi cukur dan alat kecil lainnya. Untuk tempatnya pun bisa dilakukan di halaman rumah atau ruang kosong dirumah anda. Anda juga bisa melakukannya dengan berkeliling bila tak memiliki tempat kosong. Namun mesiki bisa dilakukan dengan modal kecil, anda harus tetap memerlukan keahlian memotong rambut. Anda bisa mencoba belajar memotong rambut sendiri dengan rapih, atau keluarga anda.


5. Membuka Usaha Jasa Penjahit Pakaian

Usaha Menjahit Pakaian

Banyak yang bilang membuka jasa penjahit pakaian akan sangat sedikit pelanggannya. Nyatanya jasa penjahit pakaian sangat diperlukan dan memberikan keuntungan yang besar. Seperti yang kita tahu, kebutuhan akan pakaian sangat besar, karena setiap orang membutuhkan pakaian. Terlebih lagi di era yang mengedepankan fashion ini, tentu banyak orang yang menginginkan pakaian yang menarik di mata orang lain. Modal untuk membuka bisnis ini juga masih terbilang minim. Dimana alat yang diperlukan hanya alat-alat menjahit seperti mesin jahit, gunting, benang, alat ukur, daln peralatan lainnya yang harganya cukup murah. 

Untuk tempatnya pun tak perlu repot menyewa, anda bisa memanfaatkan ruang kosong atau ruangan yang sudah tak terpakai dalam rumah anda. Kembangkanlah usaha ini secara perlahan-lahan. Pertama mulailah dai jasa penjahit pakaian robek, kemudian bila keterampilan menjahit anda semakin meningkat, coba kembangkan menjadi jasa penjahit serta fashion. Apabila hasil jahitan anda bagus, sudah pasti usaha rumahan ini akan mendapatkan keuntungan yang besar.

Memang masih banyak usaha rumahan yang berawal dari modal kecil tetapi memiliki omset yang besar. Namun saya ingatkan, besar kecilnya modal ketika memulai usaha tidak akan menjamin anda bisa kaya dan sukses dalam waktu yang cepat. Semua tergantung anda sendiri, bila anda bersunggu-sungguh maka tentunya usaha rumahan yang anda kembangkan akan memiliki masa depan yang cerah.


Previous
Next Post »

1 komentar

  1. Ngumpulin uang dengan nabung itu sakit sih.. Yang menjadi kendala utama adalah tingkat inflasi.. kalau emang mau kumpulin modal, lebih baik nabungnya dibarengin dengan investasi. Kaya fintech ini.
    keuntungan menabung di p2p lending

    BalasHapus