Apa Itu Domain Authority dan Page Authority, Serta Perbedaannya

November 06, 2017

Domain Authority dan Page Authority

Istilah Domain Authrority dan Page Authority ini sangat berhubungan dengan SEO. Sebab kedua istilah tersebut merupakan tolak ukur apakah suatu website berkualitas atau tidak. Memang hampir sama dengan Pagerank, namun ini memiliki skala penilaian yang lebih besar. Bagi anda yang masih belum mengerti dua istilah tersebut, berikut adalah pengertian Domain Authority dan Page Authority serta perbedaannya.

Apa Itu Domain Authority?

Domain Authority/Otoritas Domain yang biasa disebut DA, merupakan tolak ukur untuk mengetahui kekuatan sebuah domain situs. Kekuatan domain ini meliputi kualitas situs secara keseluruhan. Dengan kata lain Domain Authority bisa juga diartikan sebagai acuan untuk mengetahui kualitas situs dengan menilai kekuatan domain situs tersebut. Kenapa harus domainnya yang dinilai, kenapa tidak langsung saja situsnya yang dinilai? Sebab kekuatan domain situs menandakan kualitas situs tersebut. Domain Authority ini dihitung dengan cara mengevaluasi banyaknya link masuk, konten berkualitas, dan lainnya yang nantinya dijadikan satu nilai DA tunggal. Nilai DA yang diberikan memiliki skala 1-100, semakin tinggi nilai Domain Authority suatu situs, maka situs tersebut akan populer pada mesin pencari. Ada 3 faktor yang menentukan tingginya nilai Domain Authority, yaitu:

  • Umur Domain. Semakin tua atau semakin lama umur domain suatu situs maka akan semakin bagus. Sebab menunjukan konsistensi pemilik situs dalam mengelola dan mempertahankan situsnya. Domain yang sudah tersedia pada berbagai platform blog seperti blogspot.com, wordpress.com, dan sebagainya, memiliki nilai DA yang tinggi. Subdomain blogspot.com sendiri memiliki nilai DA sebesar 93. Mengapa bisa tinggi? Karena subdomain seperti blogspot.com dan lainnya memang usianya sudah sangat tua. Namun bila anda menggunakan TLD (Top Level Domain) seperti .com, .net, dan lainnya, maka nilai DA berkurang sangat jauh, karena istilahnya anda mengulang dari awal. Jadi semakin tua umur domain, maka semakin besar nilai DA suatu situs.
  • Popularitas Domain. Semaikn populer domain suatu situs maka nilai DA nya semakin besar. Popularitas domain ditentukan dari banyaknya inbound link atau link masuk pada situs. Dengan kata lain, situs yang memiliki banyak backlink akan memperoleh nilai DA yang tinggi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan backlink, seperi social bookmarking, guest blogging, web direktori, dan masih banyak lagi. Namun pastikan backlink yang didapat berkualitas dan dilakukan secara natural.
  • Ukuran Domain. Ukuran Domain dinilai dari banyaknya jumlah postingan atau artikel yang ada pada situs web. Semakin banyak aritekel yang dibuat semakin besar pula kemungkinan untuk mendapatkan backlink, sehingga nilai DA yang diperoleh semakin tinggi.

Apa itu Page Authority?

Page Authority/Otoritas Halaman yang biasa disebut PA, merupakan tolak ukur untuk mengetahui kualitas satu artikel pada suatu situs. Berbeda dengan Domain Authority yang menilai kualitas keseluruhan situs pada mesin pencari dengan mengukur kekuatan domain, Page Authtority menilai seberapa baik kualitas artikel pada mesin pencari. Nilai yang diberikan juga berskala 1-100. Semakin baik kualitas artikel akan membuat skor PA semakin tinggi. Nilai tersebut dihitung dengan cara mengevaluasi kualitas konten, banyaknya link masuk pada konten tersebut, internal linking, dan lainnya. Nantinya nilai dari setiap artikel digabungkan menjadi nilai PA tunggal.


Bagaimana Cara Untuk Meningkatkan Skor DA dan PA?

Berdasarkan penjelasan diatas anda juga sudah bisa menyimpulkannya. Untuk meningkatkan skor Domain Authority dan Page Authority maka intinya anda harus memaksimalkan teknik SEO website anda, baik itu On Page SEO maupun Off Page SEO. Seperti contohnya membuat konten-konten berkualitas, melakukan link building, internal linking, mempercepat loading website, tampilan website yang SEO dan mobile friendly, dan lain sebagainya. 

Bagaimana Cara Untuk Mengetahui Skor DA dan PA?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Domain Authority dan Page Authority memiliki skor 1-100, semakin tinggi skor suatu situs, maka situs tersebut memiliki tingkat visibilitas yang tinggi di mesin pencari. Anda bisa melihat skor DA dan PA situs anda dengan membuka situs di bawah:
  • http://moz.com/researchtools/ose
  • https://moonsy.com/page_authority/
  • https://moonsy.com/domain_authority/
Caranya tinggal mengunjungi situs diatas, masukan alamat situs anda dan tekan enter. Kemudian anda akan segera mengetahui berapa skor DA dan PA anda. 

Jadi, Domain Authority merupakan tolak ukur untuk mengetahui kualitas situs dari kekuatan domain, sedangkan Page Authority merupakan tolak ukur untuk mengetahui kualitas satu artikel pada suatu situs. DA dan PA ini digunakan untuk mengetahui kualitas situs secara keseluruhan dengan menggunakan angka, untuk meningkatkan skor DA dan PA, maka anda harus memaksimalkan teknik SEO pada situs anda. Semoga artikel ini bermanfaat, sekian dan terima kasih.
Previous
Next Post »
0 Komentar