4 Penyebab Utama Mengapa Strategi SEO Anda Gagal

Juli 25, 2017
4 Penyebab Utama Rencana SEO Gagal

Strategi SEO penting untuk memenangkan persaingan SEO, semua pakar SEO pun sependapat akan hal ini. Namun membangun strategi SEO yang baik bukanlah hal yang mudah. Strategi yang digunakan harus mampu menyesuaikan algoritma google yang dapat berubah kapan saja tanpa diketahui. Sayangnya banyak pula blogger yang gagal dalam strategi SEO mereka sendiri. Kali ini saya akan membahas penyebab strategi SEO anda gagal.

     1.     Masalah Website/On Page

Penyebab taktik SEO anda gagal yang pertama adalah website anda sendiri, website anda memiliki banyak permasalahan atau bisa dibilang “belum siap” dengan taktik SEO yang anda jalankan. Apa saja sih permasalahannya?
a.       Niche yang sulit
Saya sering mengingatkan, pilih niche yang sesuai dengan anda. Jangan memilih niche karena “coba-coba”, karena hanya akan menghambat anda. Harus diingat bahwa persaingan dalam SEO sangat ketat, anda bersaing dengan banyak blogger yang berpengalaman dengan niche yang mereka kuasai. Apalagi anda akan berhadapan dengan website besar yang sudah diakui oleh search engine. Jadi, pilihlah niche yang sesuai dengan bidang yang anda kuasai. Banyak orang yang gagal dalam SEO karena salah memilih niche.
b.      Keyword yang sempit
Keyword (kata kunci) yang sempit mungkin lebih mudah untuk dioptimasi. Namun sangat tidak tepat untuk taktik SEO anda. Sebagai contoh, anda mempunyai keyword “Kemeja ungu untu remaja”. Keyword tersebut memungkinkan remaja yang menyukai kemeja ungu mengunjungi website anda. Bagaimana kalau kita perluas menjadi “Kemeja untuk remaja”, keyword tersebut memungkinkan semua remaja mengunjungi website anda. Jadi dapat disimpulkan bahwa keyword yang sempit memiliki trafik yang rendah, itulah kenapa anda gagal dalam SEO.
c.       Website anda tidak berkualitas
Bagaimana munkin SEO bisa berhasil bila websiteyang dikelola tidak memiliki kualitas? Perkembangan algoritma google menyebabkan meningkatnya standar SEO. SEO memperhatikan betul kualitas website anda, mulai dari faktor SEO onpage dan offpage. Google memperhatikan keterlibatan user ataupun visitor pada website anda.Website yang berkualitas haruslah memiliki konten yang berkualitas agar mendapat kepercayaan dari pihak google.
d.      Anda tidak memiliki tool untuk menganalisa website
Sebenarnya mempunyai tool untuk menganalisa website sangatlah penting, namun masih saja banyak yang menyepelekannya. Dalam persaingan SEO anda harus tahu betul kualitas website anda, dengan menggunakan tool analisa anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan pada website anda, memperoleh informasi mengenai konten apa yang paling disukai dan detail mengenai karakteristik visitor web. Bukan hanya itu saja, tool analisa juga berguna untuk mengetahui taktik SEO yang cocok untuk anda.

     2.     Backlink Yang Salah

Masih banyak orang yang melakukan backlink dengan cara yang tidak wajar untuk mendapat keuntungan dalam SEO. Misalkan backlink yang anda lakukan tidak relevan dengan website anda, atau bisa saja backlink yang anda lakukan terbilang sudah overdosis. Ada juga yang memilih untuk membayar ratusan ribu untuk mendapat backlink dalam waktu singkat, padahal bisa saja backlink yang didapat berkualitas rendah. Agar rencana SEO berhasil, lakukanlah backlink secara wajar, natural, dan tidak berlebihan.
     

     3.     Anda Tidak Menggunakan Social Media

Untuk melakukan kampanye, tentu diperlukan sebuah “wadah” agar apa yang di kampanyekan bisa tersampaikan. Sama halnya dengan SEO, wadah yang tepat untuk melakukan “SEO Campaign” adalah social media. Sekarang pun sudah banyak blogger yang menggunakan social media sebagai tempat kampanye mereka, karena mustahil bisa memenangkan persaingan SEO tanpa social media. Mengapa demikian? Sudah terbukti, social media memberikan trafik yang sangat besar, selain itu dengan menggunakan social media membuat website anda lebih akrab dengan visitor. Jika anda tidak/belum melakukan hal ini, jangan harap taktik SEO anda bisa berjalan mulus.

  4.  Anda Kurang Informasi Mengenai Perkembangan Algoritma Google.

Mengetahui perkembangan algoritma google sangat diperlukan. Sering kali terjadi perubahan pada algoritma google yang menyebabkan website anjlok dari urutan pertama pada SERP (Search Engine Result Page), ada juga yang terhapus dari SERP. Bukan hanya itu saja, banyak yang mengeluhkan trafik mereka turun drastis. Perubahan algoritma google bisa terjadi kapan saja dan selalu dirahasiakan. Ada beberapa website yang memantau perubahan algoritma google yang bisa anda cari sendiri. Dengan mengetahui perubahan tersebut, anda bisa mengetahui apakah taktik SEO yang anda gunakan sudah benar atau perlu dimodifikasi.

Sekarang anda sudah mengetahui penyebab strategi SEO anda gagal. Perlu anda ingat bahwa SEO tidak untk diawal saja, SEO juga tidak memiliki akhir. Karena itu sangat penting untuk menjaga keseimbangan strategi SEO anda, dan mengetahui apa kelemahannya.
Previous
Next Post »
0 Komentar