Strategi SEO penting untuk memenangkan persaingan SEO, semua pakar SEO pun sependapat akan hal ini. Namun membangun strategi SEO yang baik bukanlah hal yang mudah. Strategi yang digunakan harus mampu menyesuaikan algoritma google yang dapat berubah kapan saja tanpa diketahui. Sayangnya banyak pula blogger yang gagal dalam strategi SEO mereka sendiri. Kali ini saya akan membahas penyebab strategi SEO anda gagal.
1. Masalah Website/On Page
Penyebab taktik
SEO anda gagal yang pertama adalah website anda sendiri, website anda memiliki
banyak permasalahan atau bisa dibilang “belum siap” dengan taktik SEO yang anda
jalankan. Apa saja sih permasalahannya?
a.
Niche yang sulit
Saya sering mengingatkan, pilih niche yang sesuai
dengan anda. Jangan memilih niche karena “coba-coba”, karena hanya akan
menghambat anda. Harus diingat bahwa persaingan dalam SEO sangat ketat, anda
bersaing dengan banyak blogger yang berpengalaman dengan niche yang mereka
kuasai. Apalagi anda akan berhadapan dengan website besar yang sudah diakui
oleh search engine. Jadi, pilihlah niche yang sesuai dengan bidang yang anda
kuasai. Banyak orang yang gagal dalam SEO karena salah memilih niche.
b.
Keyword yang sempit
Keyword (kata kunci) yang sempit mungkin lebih mudah
untuk dioptimasi. Namun sangat tidak tepat untuk taktik SEO anda. Sebagai
contoh, anda mempunyai keyword “Kemeja ungu untu remaja”. Keyword tersebut
memungkinkan remaja yang menyukai kemeja ungu mengunjungi website anda.
Bagaimana kalau kita perluas menjadi “Kemeja untuk remaja”, keyword tersebut
memungkinkan semua remaja mengunjungi website anda. Jadi dapat disimpulkan
bahwa keyword yang sempit memiliki trafik yang rendah, itulah kenapa anda gagal
dalam SEO.
c.
Website anda tidak berkualitas
Bagaimana munkin SEO bisa berhasil bila websiteyang
dikelola tidak memiliki kualitas? Perkembangan algoritma google menyebabkan
meningkatnya standar SEO. SEO memperhatikan betul kualitas website anda, mulai
dari faktor SEO onpage dan offpage. Google memperhatikan keterlibatan user
ataupun visitor pada website anda.Website yang berkualitas haruslah memiliki
konten yang berkualitas agar mendapat kepercayaan dari pihak google.
d.
Anda tidak memiliki tool untuk menganalisa
website
Sebenarnya mempunyai tool untuk menganalisa website
sangatlah penting, namun masih saja banyak yang menyepelekannya. Dalam
persaingan SEO anda harus tahu betul kualitas website anda, dengan menggunakan
tool analisa anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan pada website anda,
memperoleh informasi mengenai konten apa yang paling disukai dan detail
mengenai karakteristik visitor web. Bukan hanya itu saja, tool analisa juga
berguna untuk mengetahui taktik SEO yang cocok untuk anda.
2. Backlink Yang Salah
Masih banyak
orang yang melakukan backlink dengan cara yang tidak wajar untuk mendapat
keuntungan dalam SEO. Misalkan backlink yang anda lakukan tidak relevan dengan
website anda, atau bisa saja backlink yang anda lakukan terbilang sudah
overdosis. Ada juga yang memilih untuk membayar ratusan ribu untuk mendapat
backlink dalam waktu singkat, padahal bisa saja backlink yang didapat
berkualitas rendah. Agar rencana SEO berhasil, lakukanlah backlink secara
wajar, natural, dan tidak berlebihan.
3. Anda Tidak Menggunakan Social Media
Untuk melakukan
kampanye, tentu diperlukan sebuah “wadah” agar apa yang di kampanyekan bisa
tersampaikan. Sama halnya dengan SEO, wadah yang tepat untuk melakukan “SEO
Campaign” adalah social media. Sekarang pun sudah banyak blogger yang
menggunakan social media sebagai tempat kampanye mereka, karena mustahil bisa
memenangkan persaingan SEO tanpa social media. Mengapa demikian? Sudah
terbukti, social media memberikan trafik yang sangat besar, selain itu dengan
menggunakan social media membuat website anda lebih akrab dengan visitor. Jika
anda tidak/belum melakukan hal ini, jangan harap taktik SEO anda bisa berjalan
mulus.
4. Anda Kurang Informasi Mengenai Perkembangan Algoritma Google.
Mengetahui
perkembangan algoritma google sangat diperlukan. Sering kali terjadi perubahan
pada algoritma google yang menyebabkan website anjlok dari urutan pertama pada
SERP (Search Engine Result Page), ada juga yang terhapus dari SERP. Bukan hanya
itu saja, banyak yang mengeluhkan trafik mereka turun drastis. Perubahan
algoritma google bisa terjadi kapan saja dan selalu dirahasiakan. Ada beberapa
website yang memantau perubahan algoritma google yang bisa anda cari sendiri.
Dengan mengetahui perubahan tersebut, anda bisa mengetahui apakah taktik SEO
yang anda gunakan sudah benar atau perlu dimodifikasi.
Sekarang anda sudah mengetahui
penyebab strategi SEO anda gagal. Perlu anda ingat bahwa SEO tidak untk diawal
saja, SEO juga tidak memiliki akhir. Karena itu sangat penting untuk menjaga
keseimbangan strategi SEO anda, dan mengetahui apa kelemahannya.
0 Komentar