Pentingnya Melakukan Riset Keyword Untuk SEO

Oktober 06, 2017
Pentingnya Riset Keyword Untuk SEO

Membangun sebuah website tidak bisa dilakukan sembarangan, harus memperhatikan unsur kualitas website. Unsur kualitas website tersebut salah satunya adalah keyword. keyword memiliki peranan yang sangat penting, karena semakin baik suatu keyword atau semakin pintarnya seseorang menyusun keyword, akan membuat pembaca semakin tertarik untuk mengunjungi suatu website. Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya dulu Anda mengenal istilah 'keyword.'

Apa itu Keyword?

Keyword adalah kata kunci. Simpel bukan? Agar lebih mudah dipahami, coba Anda kunjungi google dan ketikan apa yang Anda mau. Misalnya coba ketikan "cara bermain gitar," maka "cara bermain gitar" itulah yang dinamakan keyword. Jadi keyword atau kata kunci adalah apa yang Anda ketikan pada mesin pencari.

Keyword atau kata kunci yang tadi saya contohkan, bisa saja banyak orang yang mengetikan sama pada search engine, atau bisa saja hanya sedikit yang mengetikannya pada search engine. Maksudnya, apakah kata kunci "cara bermain gitar" adalah keyword yang banyak dan paling sering diketikan ketika seseorang ingin belajar bermain gitar, atau malah sebaliknya. Kita belum tahu betul akan hal itu. Inilah yang akan dibahas kali ini, mengenai keyword dan pentingnya melakukan riset keyword.

Berdasarkan ilustrasi diatas, dapat kita simpulkan bahwa riset keyword adalah : proses atau cara untuk mencari tahu dengan menganalisis kata kunci yang diketikan orang-orang di search engine. Dengan melakukan riset keyword, Anda dapat mengetahui kemungkinan besar kata kunci yang akan diketikan seseorang, dan banyaknya orang yang mengetikan kata kunci tersebut.

Mengapa Riset Keyword Penting?

Selain untuk meningkatkan pengunjung suatu website, melakukan riset keyword ampuh untuk meningkatkan penjualan suatu produk online. Dalam membangun sebuah blog atau website, penting untuk membuat kata kunci yang paling relevan serta memiliki daya jual dan daya saing yang tinggi. Kita tahu bahwa setiap orang bisa memasukan kata kunci apa saja pada search engine. Seperti yang saya contohkan tadi, misalnya ada seseorang yang ingin belajar bermain gitar dan memasukan kata kunci pada google "cara bermain gitar." Lalu muncul artikel dari website Anda (misalnya) yang berjudul persis dengan kata kunci yang dimasukan, yaitu "cara bermain gitar." Dalam kasus ini akan ada dua kemungkinan yang terjadi, yaitu bisa saja orang tersebut mengklik website Anda, dan bisa saja tidak. Mengapa demikian?

Bila orang tersebut mengklik website Anda, mungkin disebabkan website Anda memiliki judul dengan keyword yang sangat relevan. Dikarenakan judul website Anda sama persis dengan kata kunci yang dimasukan, yakni "cara bermain gitar." Atau bisa saja semua website yang berada di bawah website Anda memiliki judul yang kurang menarik dan kurang mengandung kata kunci. Seperti "cara bermain musik" atau "cara bermain ukulele," sehingga besar kemungkinan website Anda lah yang diklik, karena judulnya sesuai dengan kata kunci dan keinginan orang tersebut.

Kemungkinan kedua, bisa saja orang tersebut tidak mengklik website Anda dikarenakan beberapa website yang berada di bawah website Anda memiliki judul dengan keyword yang lebih menarik. Misalnya "cara bermain gitar untuk pemula" atau "cara mudah bermain gitar untuk seorang pemula" dan sebagainya. Tentu judul seperti itu akan lebih menarik dibandingkan judul "cara bermain gitar," sehingga orang tadi lebih memilih beberapa website yang berada di bawah website Anda. 

Sama halnya ketika berjualan bisnis online. Menurut Anda, mana yang lebih menarik, "menjual gitar akustik" atau "menjual gitar akustik berkualitas dengan harga murah." Tentu saja lebih menarik yang kedua walaupun terlalu panjang untuk dibaca, namun kata kunci didalamnya jauh lebih bagus dan berkualitas, serta memiliki daya jual yang tinggi.

Cara Melakukan Riset Keyword

Riset Keyword merupakan kegiatan untuk mencari tahu dengan cara menganalisis keyword apa yang akan digunakan orang-orang. Namun menganalisis tentu bukan sekedar perkiraan, tidak boleh dilakukan dengan menebak, melainkan dilakukan dengan praktek. Untuk melakukan riset keyword, ada banyak website yang menyediakan tool untuk meriset keyword seperti Google Autocomplete, Ubersuggest, Keyword tool, Keyword Eye, dan masih banyak lagi. Sampai saat ini menurut saya yang paling sering digunakan adalah Google Keyword Planner. Jika Anda membuka salah satu website tersebut, maka Anda akan menemukan sebuah kolom. Anda bisa mengisikan kata kunci apa saja pada kolom tersebut, misalnya "cara bermain gitar." Bila sudah memasukan kata kunci tersebut, maka langsung muncul beberapa opsi atau kata kunci yang paling sering diketik. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa klik disini.

Riset Keyword Jangan Cuma di Awal Saja!

Melakukan riset keyword akan membuat Anda semakin pintar dalam menyusun kata kunci. Sehingga semakin besar pula kemungkinan Anda untuk mendapatkan pengunjung. Memang dengan meriset keyword mampu meningkatkan trafik website, namun pertanyaannya, "apakah setelah melakukan riset keyword, trafik bisa tetap meningkat dalam waktu yang lama?" Tentu saja tidak. Yang harus Anda ingat, persaingan pasti selalu ada. Maka artinya, keyword yang Anda gunakan saat ini belum tentu ampuh dalam waktu lama yang akan datang. Terlebih lagi, semakin lama Anda dalam persaingan SEO, pesaing Anda juga pasti akan meningkatkan kualitas keyword dari waktu ke waktu. Jadi, melakukan riset keyword jangan cuma diawal saja. Ada baiknya bila Anda meng-update keyword pada waktu tertentu agar tetap memiliki daya saing tinggi, dan tetap meningkatka trafik.

Jadi dapat kita simmpulkan bahwa melakukan riset keyword sangat penting! Posisi teratas memang memberikan pengaruh yang besar untuk meningkatkan trafik website, akan tetapi website yang memiliki judul dengan keyword yang telah diriset dan dioptimasi dengan baik, sekalipun berada diposisi 2, 3, 4, 5, dan seterusnya di halaman pertama, bisa jadi senjata ampuh untuk menarik pengunjung dan meningkatkan trafik.

Previous
Next Post »
0 Komentar